Abstract:
Dalam penyusunan laporan praktik kerja ini, Penulis melakukan praktik kerja di
Perusahaan Umum Jamkrindo Kantor Cabang Semarang, Jl. Pamularsih Raya No. 68A,
Bongsari, Semarang Barat, kota Semarang provinsi Jawa Tengah, dengan waktu
pelaksanaan praktik kerja yang dimulai pada tanggal 4 Maret 2019 hingga berakhir pada
12 April 2019 dengan jumlah waktu kerja selama 208 jam. Pada saat praktik kerja
dilaksanakan, penulis ditempatkan pada staf administrasi bagian klaim dan subrogasi.
Pada pelaksanaan kegiatan praktik kerja, penulis diberikan tugas antara lain: melakukan
check list kelengkapan berkas pengajuan klaim terjamin Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro
Bank Rakyat Indonesia (BRI), membuat dan mencetak surat atas kekurangan berkas
pengajuan klaim terjamin Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro Bank Rakyat Indonesia (BRI),
membuat dan mencetak surat pengembalian berkas pengajuan klaim terjamin Kredit Usaha
Rakyat (KUR) mikro Bank Rakyat Indonesia (BRI), melakukan monitoring kelengkapan
berkas pengajuan klaim Bank Jateng tetang penjaminan kredit konsumtif dan PT. Pegadaian
tentang penjaminan kredit kreasi, melakukan singkronisasi data terjamin untuk produk kredit
kreasi PT. Pegadaian dengan kredit konsumtif Bank Jateng, mencetak lembar komite untuk
terjamin penjaminan kredit kreasi PT. Pegadaian dan kredit konsumtif Bank Jateng,
Melakukan pra-pengajuan klaim untuk terjamin penjaminan kredit kreasi PT. Pegadaian dan
kredit konsumtif Bank Jateng dengan menggunakan aplikasi PKS-Perum Jamkrindo.
Pelaksanaan praktik kerja ini penulis menemukan beberapa kendala dan masalah
yaitu keterlambatan tibanya surat pada tujuan atau pihak penerima jaminan dikarenakan
Perum Jamkrindo kantor Cabang Semarang menggunakan jasa kurir Jalur Nugraha Ekakurir
(JNE) yang kerap kali mengalami salah tujuan dalam pengiriman surat, Jaringan internet
yang tersedia pada lantai 2 bagian Klaim dan Subrogasi seringnya mengalami gangguan,
Pada bagian meja penulis tidak terdapat lemari untuk penundaan penyimpanan berkas
sehingga seringnya penulis kesulitan melakukan pergerakan karena di atas meja penulis
terlalu banyak berkas-berkas pengajuan klaim,
Secara keseluruhan, penulis telah mengamati dan menyimpulkan bahwa
pelaksanaan pekerjaan di bagian klaim dan subrogasi di Perusahaan Umum Jamkrindo
Kantor Cabang Semarang telah berjalan dengan baik. kelengkapan data yang ditumbuhkan
secara efektif dan efesien juga kerjasama dan komunikasi yang baik antar staf dan bagian
sangat mempengaruhi keberhasilan serta kelancaran pekerjaan di bagian klaim dan
subrogasi di Perusahaan Umum Jamkrindo kantor Cabang Semarang. Berdasarkan yang
dihadapai oleh penulis selama melaksanakan praktik kerja penulis menyarankan baiknya
Perusahaan Umum Jamkrindo kantor Cabang Semarang mengganti layanan jaja kurir dengan
Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dimana layanan jasa ini telah terpercaya juga kepercayaan
akan terjamin sesuai dengan pengalaman penulis, Jaringan yang berada pada kantor Cabang
Semarang khusus pada bagian klaim dan subrogasi pada MBPS (mega byte per second)
ditingkatkan mengingat tingkat produktivitas kerja yang tinggi, Pengadaan lemari cadangan
atau tempat penundaan berkas untuk dilakukan pengolahan data dan pengimputan data,
bersamaa juga Perusahaan Umum Jamkrindo kantor Cabang Semarang untuk mempersiapkan
renovasi yang akan dilaksanakan menurut rencana pada bulan September 2019.