Abstract:
Penulis melakukan praktik kerja di salah satu kantor regional III Planning Engineering Deployment (PED) di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kantor PED berlokas di Dr. Wahidin No.5, Bandung. Penulis ditempatkan di sebagai staf administrasi Sistem Informasi Manajemen Proyek (SIMPRO) Telkom dimulai dari tanggal 21 Januari 2019 hingga tanggal 21 Maret 2019.
Penulis mempunyai tugas membantu mencari database serta menyatukannya ke dalam satu folder untuk proyek SIMPRO Telkom dan membantu desain IT membuat desain website dan melakukan testing terhadap website proyek SIMPRO Telkom. Kendala yang dialami oleh penulis selama melakukan praktik kerja adalah lama untuk mengakses Supply Management Information For Logistic (SMILE) dikarenakan diakses oleh banyak orang dalam waktu bersamaan membuat update menjadi lama. Selain itu data yang dibutuhkan penulis merupakan data rahasia sehingga harus meminta ijin selama 1 hari kepada pemegang proyek. Hal ini menyebabkan pekerjaan menjadi terlambat.
Tugas staf administrasi manajemen proyek adalah mencari data dari SMILE, dokumen pembimbing, evaluasi Fiber To The Home (FTTH), kemudian mengumpulkanya ke dalam 1 folder baru untuk diproses oleh desain IT. Kemudian dilanjutkan dengan membantu mendesain tampilan web SIMPRO Telkom, lalu mengecek adakah bug atau error di website SIMPRO Telkom. Penulis menyarankan sebaiknya PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. meningkatkan kapasitas server agar tidak menjadi lambat saat update data ketika diakses banyak orang, atau membatasi jumlah pengguna, atau membatasi waktu penggunaan. Sebaiknya PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. menambah user baru bersifat temporer untuk tenaga magang yang bisa mengakses dan membaca data rahasia yang dibutuhkan atau pemegang proyek mempersingkat waktu perijinan tenaga magang untuk mengaksesnya.