dc.description.abstract |
Dalam penyusunan laporan praktik kerja ini, penulis melakukan praktik kerja di BP. (Balai Pertemuan) Bumi Sangkuriang yang berlokasi di Jl. Kiputih no. 12, Ciumbuleuit, Bandung. Dengan waktu pelaksanaan praktik kerja yang dimulai pada tanggal 2 Januari 2019 sampai dengan 12 Maret 2019 dengan jumlah waktu kerja selama 200 jam.
Pada saat praktik kerja dilaksanakan penulis ditempatkan pada divisi Store Accounting dan bekerja pada posisi Receiving Store, dengan tugas antara lain : membuat pesanan barang kepada supplier, menerima barang pesanan dari supplier, membuat rekapitulasi persediaan barang di gudang setiap hari, dan membuat rekapitulasi data transaksi membership BP. Bumi Sangkuriang. Dalam pelaksanaan praktik kerja ini penulis menemui beberapa masalah yaitu, keterlambatan pengajuan permintaan barang gudang, pembelian barang di luar supplier rutin yang terdaftar di Visual Hotel Program, keterlambatan datangnya pesanan barang dari supplier, dan koneksi internet yang mengalami gangguan.
Kegiatan pemesanan dari supplier, dimulai dari mengontak supplier melalui telepon, menginput jumlah pemesanan, menerima pesanan, menginput jumlah barang yang diterima dan memasukkan barang pesanan ke dalam gudang. Rekapitulasi persediaan barang di gudang setiap hari, dimulai dengan menerima formulir pemesanan barang, mengeluarkan barang untuk divisi yang mengajukan barang, menginput barang keluar dari gudang, dan mengecek jumlah stock on hand dengan jumlah pada Visual Hotel Program. Rekapitulasi data transaksi membership BP. Bumi Sangkuriang dimulai dengan faktur transaksi hutang membership, menginput data transakti hutang, menerima bukti pelunasan dari divisi Membership, menginput bukti pelunasan pada Visual Hotel Progam, mencetak invoice pelunasan membership, kemudian memberikan invoice kepada kepala Accounting. Penulis menyarankan sebaiknya BP. Bumi Sangkuriang melakukan perhitungan kembali terhadap barang yang dibutuhkan kemudian melakukan pemesanan beberapa hari sebelum dibutuhkan agar bagian gudang meminimalisir melakukan pembelian di luar supplier rutin. Divisi gudang atau divisi yang membutuhkan sebaiknya menyediakan uang kas kecil jika kebutuhan barang tidak bisa diprediksi sebelumnya agar staf divisi gudang tidak perlu mengeluarkan uang pribadi jika terjadi pembelian kebutuhan secara mendadak. Selain itu, bagian gudang sebaiknya menghitung kembali lead time (jeda waktu pemesanan dan barang datang) sehingga waktu pemesanan bisa diperkirakan sebelumnya agar barang tersedia saat dibutuhkan atau tidak terlambat datang. Selain itu BP. Bumi Sangkuriang sebaiknya meningkatkan kualitas jaringan internet sehingga tidak menghambat karyawan yang bekerja menggunakan jaringan internet. |
en_US |