Abstract:
Penulis melakukan praktik kerja yang bertujuan untuk mengetahui fungsi
administrasi pada departemen operasional di PT. Dasindo Media Bandung (Dale
Carnegie Training) yang berlokasi di Jl. DR. Setiabudhi No 287A dan Ruko
Setrasari Mall A-10 Bandung, Jawa Barat. Penulis melakukan praktik kerja mulai
pada tanggal 01 Februari 2019 sampai dengan 12 April 2019 dari jam 08.00 – 17.00
WIB, dengan jumlah waktu (jam) adalah 204 jam.
Selama pelaksanaan praktik kerja, penulis mendapatkan banyak pengetahuan
baru yang bermanfaat bagi penulis yaitu membantu pekerjaan admin dengan tugas
utama membuat absensi, name tag, label buku untuk kelas yang akan berjalan.
Merekap dokumen evaluasi peserta kelas (motorola) dan input motorola untuk
dibuatkan laporan evaluasi dan memindai dokumen evaluasi peserta kelas
(motorola) serta mengunggah ke server perusahaan. Melakukan pembaruan data
alumni kelas training ke google contact admin dan mengikuti program pembekalan
yang selanjutnya menjadi CA (class assistant). Kendala yang dihadapi penulis
dalam pelaksanaan praktik kerja yaitu: Pertama, penulis mengalami kendala dalam
beroperasional karena komputer yang digunakan juga sebagai server, sering
mengalami kerusakan pada bagian tampilan layar monitor (ngeblur/kabur)
sehingga tulisan atau tampilan yang sedang dibuka tidak terlihat dengan jelas.
Kedua, mengalami kendala pada saat mencari atau menyimpan file pada server
perusahaan, disebabkan banyaknya file yang tidak berada pada tempatnya (folder
sesuai klasifikasi). Ketiga, mengalami kendala pada saat melakukan pemindaian
dokumen, karena alat pemindaian hanya ada di kantor Setrasari.
Untuk meningkatkan keefektifan kerja dan efisiensi waktu dalam melakukan
pekerjaan, penulis mengusulkan beberapa saran berdasarkan pengalaman penulis
pada saat melakukan praktik kerja di PT. Dasindo Media Bandung (Dale Carnegie
Training) yaitu: Pertama, perusahaan melakukan perbaikan terhadap komputer
server agar user yang membutuhkan dokumen, data atau file dari komputer server
bisa segera mengaksesnya. Sebagai inventaris, komputer server harus dapat
dioperasikan dengan baik. Kedua, untuk mempermudah pencarian dokumen
terutama dalam pengarsipan data kelas pada server, penulis menyarankan untuk
menata ulang dan melengkapi data per folder berdasarkan klasifikasi departemen,
tahun, perusahaan klien, jenis kelas, nomor kelas dan jenis dokumen. Ketiga,
perusahaan melakukan pengadaan mesin Pemindaian (printer) khusus untuk bagian
administrasi di kantor Setiabudhi. Pengadaan ini juga sangat bermanfaat, sehingga
admin dan tenaga magang tidak lagi menggunakan aplikasi di gawai masingmasing
untuk melakukan pemindaian dokumen.