Abstract:
Penulis melakukan praktik kerja di PT. Global Mentari. Penulis memulai
kegiatan praktik kerja terhitung sejak 6 Februari 2019 hingga berakhir pada 13 Maret
2019, dengan jumlah waktu kerja selama 8 jam sehari. Praktik kerja yang dilakukan
penulis dengan total waktu 220 jam. Bidang praktik kerja yang dilakukan penulis
adalah administrasi perusahaan. Posisi yang diberikan pada penulis adalah staf
administrasi di divisi tour. Penulis melakukan pekerjaan berupa mengolah data untuk
dijadikan informasi pada website. Tujuan dari praktik kerja ini adalah untuk
mengetahui cara mengolah data pemasaran jasa tour dan travel, dan cara mengelola
website perusahaan.Dari dibuatnya laporan praktik kerja ini diharapkan bisa berguna
bagi perusahaan dan pihak lain yang bersangkutan.
Penulis ditempatkan sebagi staff divisi tour yang bertugas untuk melakukan
pengolahan data pemasaran tour dan pengelolaan website perusahaan. Masalah yang
dihadapi penulis saat melaksanakan praktik kerja yaitu perusahaan tidak
mengutamakan pemasaran di media digital, website error, dan gangguan pada
koneksi internet.
Dari hasil kegiatan praktik kerja yang dilaksanakan, penulis sudah memahami
cara untuk mengolah data pemasaran yang belum lengkap dan penulis mengerti bagai
mana cara menjadi admin website. Dari permasalahan yang ada penulis menyarankan
untuk memaksimalkan kembali pemasaran yang dilakukan di media digital, system
pada website sebaiknya disempurnakan kembali, dan penulis menyarankan koneksi
internet untuk diperbaiki agar lebih cepat.