Merancang bisnis kreatif di sektor esports

Show simple item record

dc.contributor.advisor Manurung, Elvy Maria
dc.contributor.author Adicandra, Christian
dc.date.accessioned 2019-10-11T08:20:49Z
dc.date.available 2019-10-11T08:20:49Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other kp1952
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9214
dc.description 689 - PDTM en_US
dc.description.abstract Penulis memulai sebuah usaha bisnis Eternal Esports Organizer sejak tanggal 8 April 2018. Alasan memilih usaha ini karena penulis melihat adanya pemain games yang semakin berkembang dan penulis mendapatkan berbagai prestasi dalam games mobile legends. Esports sangat berkembang khususnya di kota-kota besar terutama Jakarta, penulis yakin bahwa kegiatan usaha yang dilakukan akan menghasilkan keuntungan. Mobile Legends adalah salah satu games yang sedang booming saat ini, karena selain sebagai sarana refreshing dan melepaskan rasa penat, games inipun memiliki karakteristik tersendiri dengan permainan dalam kelompok yang mampu menaikkan gengsi pemainnya dengan ranking yang cukup tinggi. Penulis melihat adanya peluang untuk membuka jasa joki untuk menaikkan ranking para player pemula, selain itu, penulis juga melihat adanya peluang untuk membuat sebuah event-event tournament mobile legends. Penulis sebagai leader, manager, dan captain team ingin terus membentuk team yang kuat dengan melakukan pelatihan di waktu tertentu. Hal terpenting dari bisnis ini adalah membangun relasi dengan memperbanyak network antar sesama gamers, sehingga terbentuklah sebuah komunitas gamers. Komunitas atau relasi yang banyak akan memudahkan bisnis untuk masa depan. Selama melakukan kegiatan usaha, penulis selalu mengembangkan diri agar dapat bersaing dengan organisasi atau esports lainnya. Games mobile legends menjadi impian kaum anak muda untuk meraih ketenaran, menjadi kaya dalam usia muda hanya dengan dimulai dari hobi bermain, namun tentu hal ini akan dapat dicapai apabila ada komitmen, kerja keras, kedisiplinan, tingkah laku yang baik, prestasi, kerja sama tim yang solid, semuanya itu perlu dipupuk dan dibina seperti halnya dalam dunia kerja. Ada tantangan yang perlu dipertimbangkan, misalnya faktor kesehatan, komunikasi keluarga menjadi terganggu akibat bermain games yang begitu serius. Penulis menyimpulkan bahwa games tidak boleh dipandang sebelah mata, karena games merupakan sarana untuk melepaskan penat dan juga dapat menghasilkan uang asalkan games yang berbasis kompetisi atau yang disebut esports. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan - FE Unpar en_US
dc.title Merancang bisnis kreatif di sektor esports en_US
dc.type Final Reports (Diploma) en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016910005
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0413116901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI503#Manajemen Perusahaan


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account