Abstract:
Seiring dengan perkembangan waktu, teknologi digital memiliki peranan yang penting dalam kegiatan pemasaran. Meningkatnya penggunaan Social Networking Sites (SNS) atau lebih dikenal dengan sebutan social media, menyebabkan kini juga digunakan sebagai alat untuk kegiatan pemasaran secara online. Instagram merupakan salah satu platform social media marketing yang populer digunakan. Social media juga membawa perubahan pada perilaku pembelian masyarakat yang semula offline melalui store, kini menjadi online. Dalam kegiatan belanja online, fashion items terutama pakaian merupakan produk paling populer bagi pembeli. Penelitian dengan judul “Pengaruh Social Media Marketing Tools, Social Media Benefits, dan Social Awareness Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Produk Fashion Melalui Instagram”, bertujuan untuk memverifikasi sebuah teori bahwa proses keputusan pembelian, dalam penelitian ini adalah produk fashion (pakaian), dipengaruhi oleh social media marketing tools, social media benefits, dan social awareness. Dengan menggunakan data sampling sebesar 120 responden, dari populasi yakni konsumen produk fashion, dilakukan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif menggunakan uji asumsi klasik regresi linier berganda. Hasil pengujian didapatkan bahwa proses keputusan pembelian produk fashion secara simultan dipengaruhi oleh social media marketing tools, social media benefits, dan social awareness. Ketiga variabel independen tersebut, memberikan kontribusi sebesar 69.2% (Adjusted R2). Secara parsial, social media marketing tools, social media benefits, dan social awareness memiliki pengaruh secara berturut-turut sebesar 0.219, 0.372, dan 0.315.