Abstract:
Seiring dengan kemajuan teknologi dan tingginya penggunaan social media pada saat ini dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk untuk menjadi sarana dalam mempromosikan produk salah satunya dengan penggunaan celebrity endorser. Jovi Adhiguna merupakan salah satu androgini Indonesia yang menjadi celebrity endorser produk fashion wanita dari berbagai brand. Maka dari itu tujuan penelitian ini ingin mengetahui personal branding Jovi Adhiguna di instagram terhadap atribut celebrity endorser dan dampaknya terhadap brand awareness multiple fashion product. Menurut Kotler dan Keller (2016), penggunaan narasumber (source) sebagai figur penarik perhatian dalam iklan merupakan salah satu cara kreatif untuk menyampaikan pesan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan menggumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada followers Jovi Adhiguna sebanyak 121 responden dengan metode simpel random sampling. Pengkajian hipotesis dilakukan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM), dengan varibel independen personal branding, atribut celebrity endorser sebagai intervening dan brand awareness sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukan variabel personal branding, atribut celebrity endorser dan brand awareness mempunyai nilai critical ratio yang lebih besar dari 1,96 (nilai tabel z pada ?? = 5%). Hal ini menyatakan bahwa Personal Branding berpengaruh positif terhadap Atribut Celebrity Endorser. Atribut Celebrity endorser berpengaruh positif terhadap brand awareness. Personal branding serta atribut celebrity endorser dari Jovi Adhiguna dianggap mampu mempengaruhi brand awareness dari suatu produk/brand. Maka, Jovi Adhiguna harus mampu lebih kreatif lagi dalam mengemas pesan atas produk yang di-endorse, agar lebih mendapat perhatian dari followers-nya.