Abstract:
Penulis adalah pemilik kedua dari “Stronghold Kennel” yaitu bisnis yang bergerak di bidang pengembangbiakan anjing trah. Bisnis ini dimulai pada tahun 2012 dan berlokasi di Jl. Raya Lembang No. 102, Bandung. Penulis mulai menulis laporan praktik bisnis dari akhir bulan Januari 2016 sampai dengan bulan April 2016.
“Stronghold Kennel” merupakan business to business (B to B) dan business to consumer (B to C.) Hasil produksi “Stronghold Kennel” adalah salah satu produk yang unik, karena tidak bisa digantikan dengan produk lain. “Stronghold Kennel” sangat memprioritaskan kepuasan konsumennya dan membantu calon konsumen untuk mempermudah dalam pemilihan anjing peliharaan. Pada tahun 2014 “Stronghold Kennel” mengalami peningkatan pendapatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Banyaknya jalinan kerjasama dengan breeder lain membuat “Stronghold Kennel” tidak sulit untuk mendapatkan konsumen baru.
Melihat biaya pakan yang besar, “Stronghold Kennel” akhirnya memproduksi pakan ternak berupa rawfood. Produk rawfood ini kemudian dijual dan hasilnya digunakan untuk menekan biaya pakan ternak serta menjadi tambahan income bagi “Stronghold Kennel”.