Abstract:
Penulis melaksanakan Praktik Kerja sebagai Staf Marketing Communication di Hubungan Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan, Gedung Rektorat lantai I, Jalan Ciumbuleuit 94, Bandung Penulis melakukan pekerjaan praktik kerja dimulai terhitung tanggal 24 Agustus 2016 hingga berakhir pada 24 November 2016, dengan jumlah waktu kerja selama 221 jam. Praktik kerja dilaksanakan selama 5 hari dalam seminggu, yaitu hari Senin sampai dengan hari Jumat dari pukul 07.30-16.00 WIB. Bidang Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis adalah bidang Administrasi Perusahaan. Pekerjaan yang dilakukan penulis selama praktik kerja berupa kegiatan pemasaran dari mulai dari menerima tamu, membalas setiap e-mail dan menjawab telepon yang berkaitan dengan Universitas Katolik Parahyangan seperti pertanyaan untuk jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK), Ujian Saringan Masuk, biaya kuliah dan SKS per semesternya. Penulis juga melakukan pekerjaan seperti memasukkan data dari surat permohonan plakat ke dalam sistem informasi, membuat surat penolakan untuk edufair atau sponsorship yang tidak akan diikuti oleh Universitas Katolik Parahyangan, dan juga merekrut mahasiswa/i untuk menjadi model pembuatan video Unpar #Gobeyond
Masalah yang dialami penulis selama melakukan praktik kerja adalah belum terdapatnya komputer saat pertama bekerja, tetapi setelah dua minggu bekerja di Hubungan Masyarakat Unpar dipinjamkan laptop selama bekerja, sistem informasi pada penginputan stock barang belum digunakan dengan baik yang menimbulkan data barang yang tercatat belum sesuai dengan jumlah sesungguhnya yang berada di gudang, distem login dengan username Hubungan Masyarakat pada portal Universitas Katolik Parahyangan tidak bisa lebih dari dua komputer sehingga harus bergantian memakai username tersebut, belum terdapatnya arsip yang baik untuk surat permohonan plakat yang sudah di berikan ataupun yang belum.
Setelah melakukan praktik kerja, penulis menyarankan adanya pencatatan yang baik mengenai stock merchandise di gudang dengan stock di sistem informasi dengan melakukan pemeriksaan secara rutin/terjadwal untuk memeriksa kesesuaiaan catatan, bukti fisik dengan data sistem informasi, lalu, penulis menyarankan agar pihak Humas dapat bekerja sama dengan BTI dalam sistem login dengan username Hubungan Masyarakat dimana dapat diijinkan pembukaan slot sesuai dengan kebutuhan untuk akses. Karena, penulis mengalami kesulitan ketika harus mengirimkan surat penolakan ke sekolah tetapi tidak bisa login pada portal Unpar, membuat tiga pengelompokan pengarsipan surat permohonan plakat yang sudah di berikan, belum di berikan atau dalam proses pemintaan persetujuan dari atasan.