dc.description.abstract |
Penulis melaksanakan kegiatan praktik kerja sebagai pegawai administasi di Tata Usaha Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan ditempatkan pada bidang administrasi. Penulis melaksanakan kegiatan praktik kerja mulai tanggal 3 Agustus 2016 sampai dengan tanggal 26 September 2016 yang setara dengan 218 jam jam kerja.
Selama melaksanakan kegiatan praktik kerja, penulis diberikan beberapa tugas yaitu pengarsipan dokumen, mengisi data diri calon mahasiswa menggunakan Ms. Access, menginput data mahasiswa melalui web system, menginput agenda surat keluar, serta melakukan proses surat keluar berupa undangan beasiswa unggulan dan kopertis wilayah IV serta, pemberitahuan untuk konfirmasi soal UTS maupun UAS di Tata Usaha Sekolah Pascasarjana.
Selama penulis melakukan pekerjaan penginputan data diri calon mahasiswa baru menggunakan Ms. Access dan kemudian diinput ke dalam web system apabila telah lolos USM, penulis menemukan beberapa masalah seperti ada berkas dokumen yang kurang dari pihak mahasiswa dan perlunya pengecekan ulang terhadap kelengkapan formulir untuk menentukan tahapan yang dilalui oleh calon mahasiswa dengan tes maupun tanpa tes. Penulis juga melakukan pengiputan surat keluar dari agenda surat keluar yang ditulis secara manual serta, pengarsipan data mahasiswa baru dan mahasiswa yang telah lulus ke dalam buku arsip sesuai dengan program studi masing-masing mahasiswa.
Selama melakukan praktik kerja penulis memahami tahapan-tahapan yang sangat rinci dalam prosedur pembuatan surat keluar, penerimaan mahasiswa baru, jadwal UTS serta memahami sistem informasi seperti apa yang digunakan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan. Sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan serta dokumen yang dibutuhkan untuk penginputan agar tidak terjadi kesalahan penginputan. |
en_US |