Analisis pengaruh Sag Point pada jembatan gantung pejalan kaki dengan lantai pelat kaca

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tjong, Lidya Fransisca
dc.contributor.advisor Sagara, Altho
dc.contributor.author Tirto, Try
dc.date.accessioned 2019-08-15T08:44:10Z
dc.date.available 2019-08-15T08:44:10Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37249
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8809
dc.description 6376 - FTS en_US
dc.description.abstract Jembatan sering dikaitkan sebagai penghubung jalan hanya untuk dilewati oleh pengguna seperti kendaraan ataupun pejalan kaki. Jembatan gantung memiliki keunggulan menghubungkan dua wilayah dengan bentang yang panjang dibandingkan dengan jembatan lainnya. Dewasa ini, teknologi kaca sebagai pelat lantai pada jembatan telah menjadi trend di negeri Cina, menjadikan jembatan gantung dengan pelat kaca sebagai tempat pariwisata. Penelitian ini menganalisis tiga buah model jembatan gantung pejalan kaki dengan pelat kaca yang mempunyai variasi sag to span ratio 1/8L, 1/9L, dan 1/10L. Jembatan memiliki bentang 120m dengan 60 buah kabel suspensi. Ukuran kabel dan profil baja diatur sedemikian rupa untuk memperoleh lendutan yang paling mendekati batas ijin. Pelat kaca memiliki ukuran 2000mm x 2000mm x 30mm. Pemodelan dan analisis dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SAP2000 dan Midas Civil. Beban yang diperhitungkan dalam analisis berupa beban sendiri, beban hidup simetris dan asimetris, beban angin, dan beban gempa. Dari hasil analisis, didapat lendutan paling kritis terjadi pada model 1/10L dengan nilai 0,325m. Tegangan pada kabel utama terbesar pada model 1/8L sebesar 94,92MPa; sedangkan tegangan pada kabel suspensi terbesar pada model 1/9L sebesar 122,04MPa. Tegangan pada elemen struktural paling kritis terjadi pada model 1/10L sebesar 267,43MPa. Dapat disimpulkan, hasil struktur jembatan akan terlihat overdesign, tetapi itu untuk mengantisipasi lendutan. Model dengan sag to span ratio yang lebih besar, cenderung memiliki kabel lebih kecil namun ukuran gelagar lebih besar, begitu juga sebaliknya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject Jembatan Gantung Pejalan Kaki en_US
dc.subject Pelat Kaca en_US
dc.subject Sag to Span Ratio en_US
dc.title Analisis pengaruh Sag Point pada jembatan gantung pejalan kaki dengan lantai pelat kaca en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015410187
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411036501
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420029101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account