dc.description.abstract |
Bisnis keluarga merupakan salah satu faktor yang berpengaruh di dalam perekonomian Negara Indonesia pada saat ini. Hal itu terbukti dengan banyak nya hadir usaha – usaha berbasis keluarga. Dalam perencanaan suksesi bisnis keluarga bukan lah hal yang mudah agar sebuah bisnis keluarga dapat bertahan hidup. Tujuan perencanaan suksesi juga agar generasi penerus perusahaan bisa meneruskan usaha di masa yang akan datang. Tetapi hal itu bukan lah hal yang mudah karena sang suksesor perlu beradaptasi terhadap bisnis yang akan mereka kelola, dengan mempelajari dari generasi sebelum nya.
Toko Victory merupakan sebuah bisnis keluarga yang menjual berbagai macam barang alat tulis kantor serta penjualan jasa fotokopi dan jilid buku.
Penelitian ini menggunakan teori model 3 dimensi yang terdiri dari perkembangan dimensi kepemilikan, pengembangan usaha, dan keluarga. Dimana setiap perkembangan memiliki sudut pandang yang berbeda untuk mengetahui sampai mana kah sebuah bisnis keluarga sudah berjalan.
Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data sampling purposive, wawancara, tatap muka, serta melalui telefon.
Hasil dari penelitian ini adalah tinjauan suksesi bisnis keluarga berdasarkan dimensi pengelolaan pemilik, keterlibatan keluarga, perkembangan bisnis Toko Victory.
Saran yang diberikan peneliti untuk suksesor merupakan hasil tinjauan peneliti untuk perkembangan Toko Victory dari berbagai aspek yang perlu dikembang kan. Agar suksesi bisnis keluarga berjalan dengan baik. |
en_US |