Abstract:
Budaya organisasi merupakan acuan bagi seluruh anggota organisasi dalam bekerja dan
berperilaku. Robbins (1996:294) juga menyatakan salah satu fungsi budaya organisasi adalah
mempermudah timbulnya komitmen. Adanya tingkat turnover yang rendah yaitu sebagian
besar dari pegawai telah bekerja selama 10 tahun membuat penulis tertarik untuk meneliti salah
satu faktornya yaitu kecocokan budaya organisasi serta komitmen pegawai.
Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan budaya organisasi saat ini dan budaya yang
diharapkan pegawai pada Redaksi PT. Galamedia dengan menggunakan Organizational
Culture Assesment Instrument (OCAI) serta mengetahui hubungan antara gap budaya
organisasi dengan komitmen pegawai. Data penelitian didapat melalui wawancara, dokumen
perusahaan, dan kuesioner yang terdiri dari 57 pertanyaan dengan jumlah responden 29 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya organisasi dominan pada Redaksi PT. Galamedia
adalah budaya clan, dimana budaya organisasi tersebut memiliki skor tertinggi yaitu 25.86
untuk kondisi saat ini dan 27.18 untuk kondisi yang diharapkan. Tingkat gap tidak signifikan
pada penelitian ini. Di urutan kedua diduduki oleh budaya adhocracy dengan skor 24.77 untuk
kondisi saat ini dan 25.37 untuk kondisi yang diharapkan. Pada posisi ketiga ada budaya
market dengan skor 24.77 untuk kondisi saat ini dan 24.25 pada kondisi yang diharapkan. Dan
di posisi terakhir diduduki oleh budaya hierarchy dengan skor 24.6 untuk kondisi saat ini dan
23.19 untuk kondisi yang diharapkan.
Antara gap budaya dengan komitmen pegawai tidak ditemukan adanya hubungan, hal tersebut
didasari oleh perhitungan korelasi secara statistik menggunakan software SPSS.
Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis ingin memberikan saran
kepada perusahaan untuk mengevaluasi kembali bagaimana budaya yang diterapkan dalam
perusahaan apakah sudah sesuai dengan penerapan yang ada, karena ketidaksesuaian antara
apa yang dijalankan saat dan yang diharapkan pegawai akan berdampak pada komitmen
pegawai dan keefektifan perusahaan pada jangka panjang. Kesesuaian budaya yang dibentuk
manajemen puncak dan yang diinginkan pegawai akan menciptakan lingkungan kerja yang
lebih nyaman dan kondusif sehingga tujuan perusahaan akan lebih mudah tercapai.