Abstract:
Industri makanan dan agrikultur berperan sangat penting dalam perekonomian Thailand. Thailand menjadi satu satunya negara di Asia yang menjadi net food exporter dan tentunya ingin mempertahankan posisi yang menguntungkan ini. Untuk mempertahankan dominasi mereka di sektor makanan dan ekspor produk makanan, dan untuk membangun reputasi yang baik sebagai mitra yang dapat diandalkan untuk investasi. Pemerintah Thailand telah menerapkan berbagai rencana strategis. Melihatkan berbagai lembaga pemerintah dan bekerjasama dengan aktor aktor non-negara seperti perusahaan, lembaga riset, dan media untuk mempromosikan program "Kitchen of the World".
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa upaya yang dilakukan oleh pemerintah Thailand untuk mempromosikan program gastrodiplomasinya yang bertajuk "Kitchen of the World". Strategi utama pemerintah Thailand dalam menjalankan program ini adalah membangun kondisi yang mendukung perkembangan kewirausahaan, serta berinvestasi dalam program penelitian dan pengembangan. Hingga saat ini, terlihat perkembangan positif dalam industri makanan di Thailand. Sehingga dapat disimpulkan bahwa upaya pemerintah telah berhasil.