Penerapan Modified Firefly Algorithm untuk menyelesaikan Heterogeneous Fixed Fleet Vehicle Routing Problem

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitompul, Carles
dc.contributor.advisor Setiawan, Fran
dc.contributor.author Fritzgeraldo, Eldrige Vincent
dc.date.accessioned 2019-05-29T04:40:55Z
dc.date.available 2019-05-29T04:40:55Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36692
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8120
dc.description 4677 - FTI en_US
dc.description.abstract Pendistribusian masih menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di dunia Industri. Masalah yang sering timbul adalah besarnya biaya yang dikeluarkan untuk mendistribusikan produk. Heterogeneous Fixed Fleet Vehicle Routing Problem (HFFVRP) merupakan suatu permasalahan yang terkait dengan mencari biaya distribusi terkecil yang bisa didapatkan untuk melayani pelanggan. Batasan yang ada pada HFFVRP adalah setiap kendaraan akan memulai dan mengakhiri perjalanannya pada suatu depot. Semua pelanggan harus dilayani dan setiap pelanggan hanya boleh dikunjungi satu kali. Dalam pembuatan rute kapasitas serta jumlah kendaraan tidak boleh dilanggar. Pada penelitian ini, permasalahan HFFVRP akan diselesaikan dengan menggunakan Modified Firefly Algorithm (MFA). Firefly Algorithm (FA) termasuk dalam metaheuristik yang tergolong dalam swarm intelligence yang terinspirasi dari kebiasaan kunang-kunang dalam berkomunikasi menggunakan cahaya tubuhnya. Dalam FA terdapat dua pergerakan yaitu menuju ke arah kunang-kunang yang lebih terang (eksploitasi) dan pergerakan acak (eksplorasi). Dalam MFA dilakukan pemodifikasian, kunang-kunang yang memiliki intensitas cahaya lebih besar akan melakukan pergerakan ekplorasi dengan syarat harus menghasilkan intensitas cahaya yang lebih baik. Hasil dari MFA kemudian akan dibandingkan dengan kasus benchmark. Namun pada problem 13 MFA berhasil menemukan solusi yang lebih baik dari Column Generation dan Threshold Accpeting Metaherictic. Pada problem lainnya MFA belum dapat menghasilkan solusi yang lebih baik dari algoritma pembanding, yaitu Tabu Search Algoritm (TSA), Column Generation, Record-to-Record Travel Algorithm, dan Threshold Acceppting Metaheurictic. Dari hasil penelitian parameter populasi kunang-kunang (n),attractiveness (βo), randomization parameter (α) dan koefisiensi penyerapan cahaya (γ) serta interaksinya mempunyai pengaruhi terhadap performansi MFA. Pengaruh ini berbeda-beda untuk setiap kasusnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Penerapan Modified Firefly Algorithm untuk menyelesaikan Heterogeneous Fixed Fleet Vehicle Routing Problem en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610137
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409037701
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403119102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account