Abstract:
Latar belakang melakukan penelitian ini adalah kemampuan suatu perusahaan untuk berkembang tergantung kepada sumber daya manusianya. Demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan perusahaan,setiap perusahaan akan berusaha meningkatkan kinerja karyawan. Perusahaan dapat meningkatkan kineja karyawannya dengan cara mewujudkan kepuasan kerja melalui gaya kepemimpinan yang diterapkan sesuai dengan yang diharapkan karyawan nya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh rumah makan Keuken van Elsje dan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara gaya kepemimpinan yang diterapkan dan yang diharapkan dengan kinerja karyawan. Dan juga untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang dominan dan yang jarang diterapkan oleh Keuken van Elsje.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan mengambil contoh data dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Keuken van Elsje yang sebanyak 15 karyawan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak antara gaya kepemimpinan yang diterapkan dan yang diharapkan dekat dalam arti gaya kepemimpinan yang diterapkan sesuai dengan harapan karyawan , maka hubungan gaya kepemimpinan dengan kinerja karyawan kuat (0,97). Dimensi gaya kepemimpinan yang paling dominan diterapkan adalah dimensi selling memiliki nilai sig penelitian sebesar < 0,05. Saran untuk pemimpin Keuken van Elsje adalah untuk tetap mengevaluasi gaya kepemimpinannya, agar selalu sesuai dengan kondisi lapangan dan sesuai dengan harapan karyawan. Selain itu harus lebih bisa membangun karakter karyawan agar memiliki mental yang lebih kuat dalam bekerja.