Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat financial literacy pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpar dan bagaimana pengetahuan tersebut dapat berpengaruh pada utilitas produk dan jasa keuangan serta dampaknya pada perilaku mahasiswa dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan pribadinya. Abdullah, Muhammad Azmi &Chong dalam kusumaningrum (2014) Financial literacy isi also the combination of consumers or investors understanding of financial products and concepts and their ability and confidence to appreciate financial risks and opportunities to make informal choices, to know where to go for help and to take other effective actions to inprove their financial well being. Penelitian ini merupakan Applied Research dengan model Replikasi dari penelitian Mykolas Navickas,Tadas Gudaitis&Emilia Krajnakova yang berjudul Influence of Financial Literacy on Management of Personal Finances in a Young Household di Lithuanian. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek penelitian yaitu mahasiswa Ekonomi Unpar. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Convenience Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan mahasiswa Fakultas ekonomi Unpar masih tergolong cukup baik dan memberikan dampak pada utilitas produk dan jasa keuangan serta memberikan dampak pada perilaku mahasiswa dalam membuat rencana dan mengelola keuangan pribadinya. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa financial literacy merupakan hal yang penting untuk seseorang dalam mengambil keputusan keuangan.