Pengembangan Robust Multi-Product Newsvendor Problem untuk penyelesaian permasalahan pedagang keliling Toko Roti X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ariningsih, Paulina Kus
dc.contributor.advisor Setiawan, Fran
dc.contributor.author Widya, Stefanie
dc.date.accessioned 2019-04-12T09:23:59Z
dc.date.available 2019-04-12T09:23:59Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36764
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7803
dc.description 4749 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko roti X memproduksi sendiri berbagai jenis roti setiap harinya. Roti yang dibuat oleh toko roti X dipasarkan dengan diletakan di etalase toko dan dipasarkan oleh pedagang keliling. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah dan jenis roti yang harus dibawa oleh pedagang keliling agar mendapat profit maksimal melalui penjualan oleh pedagang keliling. Selama ini, penentuan jenis dan jumlah roti yang dibawa dilakukan sesuai perkiraan dan kebiasaan hasil pengamatan pemilik toko. Roti dibuat dengan sistem produksi make to stock sehingga apabila permintaan melebihi jumlah roti yang dibawa maka menimbulkan adanya stock out atau lost sales. Apabila pedagang membawa roti dalam jumlah banyak namun tidak diimbangi dengan banyaknya permintaan maka akan timbul kerugian berupa roti sisa dimana roti tersebut tidak dapat dijual lagi. Oleh karena itu, dilakukan pengemangan model menjadi robust multi-product newsvendor problem untuk permintaan diskrit. Model tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman dengan menggunakan software Octave 4.2.2. Implementasi dilakukan dengan pengolahan data menggunakan data penjualan selama tujuh bulan yaitu dari bulan Juli 2017 sampai Januari 2018 untuk dua pedagang keliling. Implementasi robust multi-product newsvendor problem dibagi menjadi lima untuk pedagang pertama dan tiga untuk pedagang kedua. Expected profit yang dapat diperoleh pedagang pertama berkisarantaraRp 28.965,00sampai Rp 39.297,00 dan berkisarantara Rp 38.750,00 sampai Rp 48.935,00untukpedagangkedua. Expected profit yang diperolehlebihtinggidibandingkandengan rata-rata profit saatinidengan rata-rata peningkatan 179,89%. Rata-rata profit yang diperoleholehpedagangpertamaberkisarantaraRp 10.959,01 sampaiRp 20.400,00 untukpedagangpertamadanRp 9.271,43 sampaiRp13.118,18 untukpedagangkedua. Analisis sensitivitas pada model robust multi-product newsvendor problem dengan mengubah parameter biaya yang dikeluarkan dan harga jual sebesar 5%, 10%, dan 20%. Hasilnyamenunjukkan bahwa ketika biaya penjualan meningkat maka akan memperkecil expected profit dansebaliknya. Sementara itu, ketika harga jual meningkat maka akan memperbesar expected dansebaliknya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Pengembangan Robust Multi-Product Newsvendor Problem untuk penyelesaian permasalahan pedagang keliling Toko Roti X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610037
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0424028401
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403119102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account