dc.contributor.author |
Budiningsih, Catharina Ria |
|
dc.contributor.author |
Delarosa, Stella |
|
dc.date.accessioned |
2019-03-06T07:21:38Z |
|
dc.date.available |
2019-03-06T07:21:38Z |
|
dc.date.issued |
2018 |
|
dc.identifier.other |
lpdsc218 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/7594 |
|
dc.description.abstract |
Sistem bisnis Peluang Bisnis banyak ditemukan dalam praktik sehari-hari dengan menggunakan nama Waralaba/Franchise, sehingga tidak diketahui apakah kerjasama bisnis yang dijalankan berbentuk Peluang Bisnis atau Waralaba. Kedua jenis sistem bisnis ini berbeda namun memiliki banyak kemiripan. Di Indonesia, Waralaba diatur dalam peraturan tersendiri. Di Amerika kedua sistem bisnis ini diatur dalam peraturan berbeda sehingga dapat dibedakan satu dari yang lain. Oleh karena itu, perlu dilakukan telaah tipologi dari sistem bisnis Peluang Bisnis dan bagaimana esensi yang perlu ada pada sistem bisnis ini.
Hasil penelitian memperlihatkan tipologi pada sistem bisnis Peluang Bisnis terdapat pada isi perjanjian kerjasama yang lebih bervariasi dan tidak ketat seperti pada perjanjian Waralaba, yang ketat menentukan beberapa hal yang wajib ada antara lain biaya perjanjian Waralaba, lisensi merek dan biaya pelatihan. Esensi perjanjian yang perlu ada berupa pengungkapan yang jujur oleh pemilik Peluang Bisnis terhadap bisnis yang dikerjakan sehingga calon pembeli tidak merasa tertipu dengan tawaran tersebut. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Research Report - Humanities and Social Science;2018 |
|
dc.title |
Tipologi sistem bisnis berbentuk peluang bisnis: analisis hubungan perikatan di antara para pihak |
en_US |
dc.type |
Research Reports |
en_US |