Abstract:
Penelitian ini merupakan salah satu tahapan dari program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh kelompok dosen dan mahasiswa jurusan Matematika UNPAR. Program ini berupa pelatihan dan pendampingan bagi komunitas ibu untuk belajar Matematika. Merujuk pada hasil PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2009 bahwa kemampuan siswa Indonesia pada umumnya buruk dalam menyelesaikan masalah Matematika. Kebanyakan siswa berpandangan bahwa Matematika sulit untuk dipelajari dan kurangnya dUkungan orang tua untuk membantu siswa belajar. Berdasarkan kondisi tersebut, kami merancang program untuk membantu pihak sekolah untuk memberdayakan para Ibu siswa supaya mereka dapat membantu putra-putrinya untuk belajar Matematika. Tujuan tersebut dapat dicapai bila terjalin kerjasama yang harmonis dan berkesinambungan antara tiga pihak yaitu: sekolah-orang tua-siswa. Bentuk program adalah pendampingan dan pelatihan kepada para ibu sambil menunggu putra-putri mereka mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menyiapkan buku ajar Matematika untuk pelatihan dan pendampingan. Langkah penelitian yang telah dilaksanakan adalah survei kebutuhan, menyusun kerangka dan membuat draf modul, uji validitas dari pakar, revisi, dan modul final. Hasil penelitian berupa bahan ajar yang terdiri dari 40 topik-topik esensial dalam Kurikulum Matematika sekolah dasar. Struktur bahan ajar untuk setiap topik dimulai dengan konsep, contoh soal, latihan, pembahasan, dan kunci jawaban. Buku ajar tersebut siap digunakan untuk program tersebut.