Abstract:
Sudah sejak beberapa lama dua jurusan yang ada di lingkup Fisip Unpar mengalami jumlah penurunan peminatnya, yaitu jurusan Ilmu Administrasi Bisnis dan Jurusan Ilmu Administrasi Publik, sementara Jurusan Ilmu Hubungan Internasional tetap menjadi favorit para lulusan SMU. Fakta yang berkenaan dengan kedua jurusan ini tentu saja harus dicermati secara mendalam, jangan sampai menuju ke titik terendahnya.
Penurunan dalam jumlah peminat kedua jurusan dan tetap membludaknya jurusan Ilmu Hubungan Internasional tampaknya berkaitan dengan kepribadian merek dari masing-masing jurusan, yaitu kepribadian yang dimiliki oleh masing-masing jurusan yang dianggap sebagai manusia. Karena itu perli diteliti seperti apa kepribadian merk Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Administrasi Publik dan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sejauh mana kepribadian dari masing-masing jurusan di lingkup Fisip Unpar. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi para pimpinan jurusan di lingkup Fisip guna meningkatkan jumlah peminatnya kembali.
Sebagaimana telah diungkapkan diatas, jenis penelitian ini adalah deksriptif, yaitu berusaha menggambarkan kepribadian merk ketiga jurusan di Fisip Unpar yang diupayakan melalui sebuah survei kepada para mahasiswa di masing-masing jurusan di Fisip Unpar dengan mempertimbangkan bahwa mahasiswa yang masih aktif studi adalah sumber yang tepat untuk menggambarkan jurusannya. Apa yang dirasakan para mahasiswa ini tentang jurusannya adalah sangat penting untuk diketahui, karena mereka bisa menjadi alat promosi yang efektif atau tidak efektif bagi calon peminat masing-masing jurusannya melalui perannya sebagai option leader melalui Wolrd-of-Mouth. Analisis data untuk penelitian ini dilakukan menggunakan factor analisis melalui program SPSS 16 guna mengetahui sejauh mana factor loading yang diperoleh membentuk kepribadian merk masing-masing jurusan.
Pengukuran Brand Personality dalam penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Otto et. al (tanpa tahun) dengan menggunakan empat indikator, yaitu honestly, prestige, innovation dan power yang telah diujikan kepada 1282 responden di Inggris untuk meneliti 64 perusahaan besar di Inggris.
Honestly sendiri diukur melalui 12 Indikator : fair(adil), helpful(suka menolong), supportive(suportif), cooperative(kerja sama), honest(jujur), attentive to people(penuh perhatian kepada orang lain), social responsibility(dalam penelitian ini diterjemahkan menjadi tanggung jawab), trustworthy(bisa dipercaya), pleasant(menyenangkan), exploitative(memanfaatkan orang lain).
Prestige diukur melalui 7 indikator, yaitu prestigious (prestisius), luxurious(bermartabat tinggi), high status(status tinggi), formal(dalam penelitian ini diterjemahkan menjadi birokratis), good quality (berkualitas tinggi), intelligent(cerdas), dan cheap (dalam penelitian ini diterjemahkan sebagai murah dibandingkan kualitas).
Innovation diukur melalui 5 indikator, yaitu energetic(enerjik), innovatif(innovatif), moderm, creative (kreatif) dan active(dalam penelitian ini diterjemahkan sebagai aktif dalam banyak kegiatan).
Power diukur melalui 4 indikator, yaitu dominant (diterjemahkan dalam penelitian ini menjadi mendominasi orang lain), powerful (kuat), establish (mapan), dan popular (diterjemahkan dalam penelitian ini menjadi populer di kalangan mahasiswa).
Temuan yang ada menunjukkan pada dasarnya Kepribadian jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fisip Unpar adalah bergengsi (dalam hal ini dibentuk oleh kualitas yang tinggi), inovatif (dibentuk oleh modern,enerjik,inovatif dan kreatif), jujur (adil, suportif, kooperatif, suka menolong orang lain, jujur, mampu menghargai orang lain, bisa dipercaya dan penuh perhatian kepada orang lain) dan berkuasa (kuat dan mapan). Kepribadian jurusan Ilmu Administrasi Publik Fisip Unpar adalah berkuasa (kuat,mapan,dan populer), inovatif(kreatif,inovatif,modern dan energik), bergengsi(cerdas,berstatus tinggi dan berkualitas tinggi) dan jujur(suportif,jujur,suka menolong orang lain, bisa dipercaya, penuh perhatian, adil dan mampu menghargai orang lain). Sementara kepribadian merk jurusan Ilmu Hubungan Internasional adalah bergengsi (berkualitas tinggi,cerdas dan berstatus tinggi), berkuasa (kuat,mapan dan populer), jujur (jujur, suportif, kooperatif, bisa dipercaya, suka menolong orang lain, adil, penuh perhatian kepada orang lain) dan inovatif (inovatif, modern, kreatif dan enerjik).