dc.description.abstract |
Salah satu tantangan yang dihadapi oleh program studi (prodi) Ilmu Administrasi Bisnis
FISIP Unpar dari tahun ke tahun adalah rendahnya minat para siswa SMU untuk
menjadikan program studi ini menjadi pilihan pertama pada saat mendaftar di UNPAR.
Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab Prodi Administrasi Bisnis untuk
meningkatkan jumlah minat calon mahasiswa pada jurusan ini, dilakukan penelitian
yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran penilaian para siswa SMU terhadap
jurusan Ilmu Administrasi Bisnis - FISIP UNPAR dan gambaran sampai sejauh mana
minat para siswa SMU terhadap program studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAR.
Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan jenis penelitian eksplanatori yang
bertujuan untuk mengidentifikasi tanggapan atas bauran jasa pendidikan dan
menganalisis serta mengukur pengaruh minat terhadap bauran jasa pendidikan tersebut.
Metode pengumpulan data adalah melalui penyebaran kuesioner pada unit analisis
penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random
sampling. Dari hasil penelitian menunjukkan pembentukan faktor personal
characteristic dipengaruhi oleh faktor-faktor stimulus (marketing stimuli dan other
stimuli) dengan persamaan Personal Characteristic = 0.530 + 0.359 marketing stimuli
+ 0.340 other stimuli. Yang berarti Marketing stimuli dan other stimuli mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan faktor personal characteristic.
Sedangkan faktor-faktor yang membentuk minat beli siswa didapat persamaan regresi
Minat Beli = 0.450 + 0.294 Learning. Menunjukkan hanya faktor Learning Process
yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam pembentukan minat beli. Hal
ini berarti adalah hanya faktor learning process yang secara signifikan mempengaruhi
siswa dalam proses pengambilan keputusan untuk memilih jurusan Administrasi Bisnis
- FISIP - UNPAR sebagai tempat studinya. Sedangkan dari sisi media promosi
menunjukkan Teman dan Guru bagi responden yang diteliti temyata cukup berperan
dalam mengkomunikasikan baik keberadaan UNPAR maupun Program Studi Ilmu
Administrasi Bisnis (ditunjukkan pula lewat analisa regresi faktor pembentuk personal
characteristik dan learning process). Oleh karena itu UNPAR, khususnya Jurusan
Administrasi Bisnis, perlu mulai memikirkan dan membuat suatu strategi yang bisa
memanfaatkan media promosi teman maupun guru dalam menjaring atau menarik minat
para siswa SMU ini untuk memilih program studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP -
UNPAR sebagai tempat studi mereka dengan tetap memperhatikan kualitas calon
mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis. |
en_US |