Pengaruh faktor-faktor stimulus terhadap minat siswa kelas III SMU Katolik di Bandung dalam memilih Jurusan Administrasi Bisnis - FISIP - Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Jane, Orpha
dc.contributor.author Widyarini, Maria
dc.contributor.author Surbakti, Nurhayati
dc.date.accessioned 2018-08-08T03:12:46Z
dc.date.available 2018-08-08T03:12:46Z
dc.date.issued 2005
dc.identifier.other 143342
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6656
dc.description.abstract Salah satu tantangan yang dihadapi oleh program studi (prodi) Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Unpar dari tahun ke tahun adalah rendahnya minat para siswa SMU untuk menjadikan program studi ini menjadi pilihan pertama pada saat mendaftar di UNPAR. Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab Prodi Administrasi Bisnis untuk meningkatkan jumlah minat calon mahasiswa pada jurusan ini, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran penilaian para siswa SMU terhadap jurusan Ilmu Administrasi Bisnis - FISIP UNPAR dan gambaran sampai sejauh mana minat para siswa SMU terhadap program studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAR. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan jenis penelitian eksplanatori yang bertujuan untuk mengidentifikasi tanggapan atas bauran jasa pendidikan dan menganalisis serta mengukur pengaruh minat terhadap bauran jasa pendidikan tersebut. Metode pengumpulan data adalah melalui penyebaran kuesioner pada unit analisis penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dari hasil penelitian menunjukkan pembentukan faktor personal characteristic dipengaruhi oleh faktor-faktor stimulus (marketing stimuli dan other stimuli) dengan persamaan Personal Characteristic = 0.530 + 0.359 marketing stimuli + 0.340 other stimuli. Yang berarti Marketing stimuli dan other stimuli mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan faktor personal characteristic. Sedangkan faktor-faktor yang membentuk minat beli siswa didapat persamaan regresi Minat Beli = 0.450 + 0.294 Learning. Menunjukkan hanya faktor Learning Process yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam pembentukan minat beli. Hal ini berarti adalah hanya faktor learning process yang secara signifikan mempengaruhi siswa dalam proses pengambilan keputusan untuk memilih jurusan Administrasi Bisnis - FISIP - UNPAR sebagai tempat studinya. Sedangkan dari sisi media promosi menunjukkan Teman dan Guru bagi responden yang diteliti temyata cukup berperan dalam mengkomunikasikan baik keberadaan UNPAR maupun Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (ditunjukkan pula lewat analisa regresi faktor pembentuk personal characteristik dan learning process). Oleh karena itu UNPAR, khususnya Jurusan Administrasi Bisnis, perlu mulai memikirkan dan membuat suatu strategi yang bisa memanfaatkan media promosi teman maupun guru dalam menjaring atau menarik minat para siswa SMU ini untuk memilih program studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP - UNPAR sebagai tempat studi mereka dengan tetap memperhatikan kualitas calon mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.title Pengaruh faktor-faktor stimulus terhadap minat siswa kelas III SMU Katolik di Bandung dalam memilih Jurusan Administrasi Bisnis - FISIP - Bandung en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account