Perancangan alat penunjang olahraga persuasif yang universal untuk menunjang perilaku berolahraga secara teratur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.advisor Hariandja, Johanna Renny Octavia
dc.contributor.author Theopilus, Yansen
dc.date.accessioned 2018-07-30T02:39:15Z
dc.date.available 2018-07-30T02:39:15Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other tes1928
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6611
dc.description.abstract Setiap manusia dapat memiliki perilaku yang baik atau buruk. Perilaku yang buruk dapat menimbulkan berbagai permasalahan dalam kehidupan, baik masalah pribadi maupun masalah sosial. Salah satu masalah perilaku yang sering dialami orang adalah perilaku kurang berolahraga. Perilaku ini dapat menimbulkan masalah pribadi berupa buruknya tingkat kesehatan dan daya tahan tubuh. Perilaku ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu kurangnya pemahaman akan pentingnya berolahraga, kurangnya alat/cara/sarana olahraga yang mendukung, kurangnya waktu yang disisihkan untuk berolahraga, dan kurangnya pemahaman akan waktu olahraga yang ideal. Perancangan dan pengembangan produk dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah perilaku kurang berolahraga. Produk yang dikembangkan merupakan alat penunjang olahraga yang dapat membantu seluruh pengguna mencapai perilaku berolahraga secara teratur. Metode pengembangan produk menggunakan kombinasi tiga ilmu perancangan produk, yaitu persuasive design, universal design, dan user experience. Kombinasi dari ketiga ilmu perancangan produk tersebut menghasilkan model pengembangan produk yang dapat menunjang seluruh penggunanya untuk mencapai perilaku yang diharapkan. Dengan menggunakan model tersebut, penelitian ini menghasilkan prototipe produk smart band penunjang olahraga yang berfungsi sebagai instruktur dan pengingat olahraga dimana terdapat fitur rekomendasi gerakan olahraga sesuai profil pengguna, program olahraga khusus, penunjuk jumlah langkah, notifikasi olahraga yang persuasif, fitness reward and punishment, dan fungsi pendukung lainnya. Prototipe yang dihasilkan merupakan prototipe fisik, interface, dan video. Evaluasi rancangan produk dilakukan menggunakan metode task completion, wawancara, dan kuesioner untuk menguji aspek persuasiveness, universality, dan user experience. Hasil task completion menunjukkan rata-rata tingkat keberhasilan interaksi pengguna dan produk sebesar 91%, hasil wawancara menunjukkan 22 respon positif dan 8 respon negatif, dan hasil kuesioner menunjukkan nilai rata-rata ketiga aspek sebesar 3,96 dari skala 5. Berdasarkan hasil evaluasi, didapatkan 8 usulan perbaikan rancangan produk. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Magister Teknik Industri Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject Perancangan Produk en_US
dc.subject Persuasif en_US
dc.subject Universal en_US
dc.subject User Experience en_US
dc.subject Olahraga en_US
dc.title Perancangan alat penunjang olahraga persuasif yang universal untuk menunjang perilaku berolahraga secara teratur en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016881004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI813#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account