dc.description.abstract |
Setiap manusia dapat memiliki perilaku yang baik atau buruk. Perilaku yang buruk dapat
menimbulkan berbagai permasalahan dalam kehidupan, baik masalah pribadi maupun masalah
sosial. Salah satu masalah perilaku yang sering dialami orang adalah perilaku kurang berolahraga.
Perilaku ini dapat menimbulkan masalah pribadi berupa buruknya tingkat kesehatan dan daya tahan
tubuh. Perilaku ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu kurangnya pemahaman akan
pentingnya berolahraga, kurangnya alat/cara/sarana olahraga yang mendukung, kurangnya waktu
yang disisihkan untuk berolahraga, dan kurangnya pemahaman akan waktu olahraga yang ideal.
Perancangan dan pengembangan produk dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi
masalah perilaku kurang berolahraga. Produk yang dikembangkan merupakan alat penunjang
olahraga yang dapat membantu seluruh pengguna mencapai perilaku berolahraga secara teratur.
Metode pengembangan produk menggunakan kombinasi tiga ilmu perancangan produk, yaitu
persuasive design, universal design, dan user experience. Kombinasi dari ketiga ilmu perancangan
produk tersebut menghasilkan model pengembangan produk yang dapat menunjang seluruh
penggunanya untuk mencapai perilaku yang diharapkan.
Dengan menggunakan model tersebut, penelitian ini menghasilkan prototipe produk smart
band penunjang olahraga yang berfungsi sebagai instruktur dan pengingat olahraga dimana terdapat
fitur rekomendasi gerakan olahraga sesuai profil pengguna, program olahraga khusus, penunjuk
jumlah langkah, notifikasi olahraga yang persuasif, fitness reward and punishment, dan fungsi
pendukung lainnya. Prototipe yang dihasilkan merupakan prototipe fisik, interface, dan video.
Evaluasi rancangan produk dilakukan menggunakan metode task completion, wawancara, dan
kuesioner untuk menguji aspek persuasiveness, universality, dan user experience. Hasil task
completion menunjukkan rata-rata tingkat keberhasilan interaksi pengguna dan produk sebesar 91%,
hasil wawancara menunjukkan 22 respon positif dan 8 respon negatif, dan hasil kuesioner
menunjukkan nilai rata-rata ketiga aspek sebesar 3,96 dari skala 5. Berdasarkan hasil evaluasi,
didapatkan 8 usulan perbaikan rancangan produk. |
en_US |