Abstract:
Fisika merupakan cabang ilmu science yang dianggap penting dalam perkembangan teknologi dan mendasari bidang ilmu lain, seperti teknik. Melalui analisis selama perkuliahan berlangsung, terdapat beberapa masalah berdasarkan keluhan mahasiswa, yaitu dari segi materi, metode pembelajaran dan tim dosen pengajar. Permasalahan tersebut mengakibatkan proses perkuliahan kurang berjalan dengan baik dan mahasiswa menjadi semakin tidak menyukai fisika, terlihat dari rata-rata hasil ujian tengah semester dan ujian akhir yang kurang memuaskan. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan tinjauan ulang terhadap perkuliahan berlangsung, kemudian menenentukan prioritas materi pengajaran dan metode pembelajaran, serta membuat contoh panduan metode pembelajaran, difokuskan untuk materi Fisika Dasar 2 (listrik-magnet, gelombang elektromagnetik, fisika modern, fisika nuklir, energi, dan global warming). Harapan dari penelitian ini adalah agar mahasiswa tetap memiliki esensi fisika sebagai ilmu empiris yang berlatar teori yang kuat dalam bidang industri apapun. Selain itu penelitian ini juga akan bermanfaat bagi para calon sarjana teknik, agar dengan mengikuti pekuliahan fisika dasar, kelak bukan hanya mengetahui segi teknis melainkan juga mengetahui latar belakang ilmiahnya secara baik, sehingga mendorong mereka untuk melakukan inovasi dan mengembangkan ilmu yang telah mereka pelajari.