Hubungan antara entrepreneurial motivation dan gender terhadap entrepreneurial discontinuance

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pawitan, Gandhi
dc.contributor.author Camelia, Ayu Fitri
dc.date.accessioned 2018-07-20T04:29:18Z
dc.date.available 2018-07-20T04:29:18Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other tes1916
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6559
dc.description.abstract Global Entrepreneurship Monitor (GEM) merupakan survei tahunan yang dilakukan terhadap 64 perekonomian negara di seluruh dunia untuk meneliti perkembangan entrepreneurship. Sampai dengan tahun 2016, survei GEM telah berjalan sebanyak 18 kali untuk berkontribusi menyediakan data perkembangan entrepreneurship di berbagai negara. Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi partisipan lembaga konsorsium GEM, berdasarkan survei di Indonesia sejak tahun 2013 – 2016 telah dilakukan penelitian terhadap 19.120 responden. Entrepreneur merupakan salah satu pilihan terbaik dalam memanfaatkan potensi seseorang untuk bersaing dan memperoleh pekerjaan. Beberapa dari mereka yang menjalankan kegiatan entrepreneurship, tidak serta merta dapat dipastikan sukses. Karena tantangan dari sebuah persaingan selalu ada seiring dengan perkembangan teknologi dan berbagai inovasi bisnis, salah satu tantangan yang dihadapi adalah discontinuance. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Analisis pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian survei, metode untuk memperoleh data yang dilakukan dengan menggunakan data sekunder survei GEM 2013 – 2016 dan melakukan wawancara terbuka terhadap entrepreneur di Indonesia secara acak. Teknik yang digunakan melihat hubungan yang alasan entrepreneur memutuskan discontinuance adalah teknik tabulasi silang (crosstab) menggunakan chi-square pada aplikasi IBM SPSS Statistic 23. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) kelompok umur 25 – 34 tahun memiliki jumlah terbanyak selama tahun penelitian 2013 – 2016; (2) dominasi gender terhadap keputusan discontinuing business tidak terdapat hubungan yang signifikan; (3) analisa hubungan entrepreneurial motivation terhadap entrepreneurial discontinuance dilakukan dengan membaginya kedalam tiga kelompok yaitu personal attributes; social value; dan goal orientation. en_US
dc.publisher Program Magister Ilmu Sosial Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject Entrepreneurship en_US
dc.subject Global Entrepreneurship Monitor (GEM) en_US
dc.subject Entrepreneurial Discontinuance en_US
dc.subject Entrepreneurial Motivation en_US
dc.title Hubungan antara entrepreneurial motivation dan gender terhadap entrepreneurial discontinuance en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015851008
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428086501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI806#Ilmu Sosial


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account