Abstract:
Sejak beberapa waktu belakangan, di Indonesia, wanita tidak hanya berperan dalam rumah tangga tetapi juga di luar rumah sebagai pencari nafkah dan terlibat dalam kegiatan sosial. Banyak wanita yang memilih untuk menjadi seorang wirausaha. Wirausaha wanita memberikan kontribusi penting bagi perkembangan ekonomi suatu negara. Mayoritas wirausaha wanita memilih untuk mendirikan usahanya dalam sektor consumer oriented. Uniknya, mayoritas wirausaha wanita Indonesia memiliki ketertarikan untuk menjalankan bisnis sejenis, walaupun tingkat persaingannya sangat tinggi. Tingginya tingkat persaingan ini dapat menjadi pendorong produktivitas dengan meningkatkan inovasi. Tetapi, kondisi ini tidak berlaku di Indonesia. Terdapat faktor lain yang menyebabkan dilakukannya inovasi oleh wirausaha, yaitu pendidikan. Latar belakang pendidikan memengaruhi terjadinya inovasi, khususnya karena pengalaman wirausaha berinteraksi dengan dunia bisnis. Wirausaha wanita yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi, cenderung berinovasi lebih banyak dibandingkan dengan wirausaha wanita yang memiliki latar belakang pendidikan yang rendah. Di Indonesia, kerjasama antar lembaga pendidikan dan bisnis, dikenal dengan istilah University-Business Cooperation.