Analisis kurikulum pendidikan dan regulasi pajak di Indonesia dalam mendukung pertumbuhan pelaku usaha pemula (nascent entrepreneurs)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sunanto, Sandra
dc.contributor.advisor Gunawan, Agus
dc.contributor.author Shelvi
dc.date.accessioned 2018-07-20T02:21:55Z
dc.date.available 2018-07-20T02:21:55Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other tes1887
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6522
dc.description.abstract Kewirausahaan memegang peranan penting bagi perekonomian di negara berkembang, khusunya Indonesia. Pemerintah yang menyadari hal tersebut melakukan berbagai upaya untuk mampu mendorong pertumbuhan kewirausahaan yang cukup membuahkan hasil dengan meningkatnya rasio kewirausahaan Indonesia menjadi 3.1%. Namun, rasio tersebut ternyata masih berada di bawah rasio kewirausahaan negara-negara tetangga yang juga turut dibuktikan dengan rendahnya persentase pelaku usaha pemula dari hasil penelitian GEM Indonesia 2013-2016. Ini mengindikasikan masih adanya faktor-faktor yang menghambat pelaku usaha pemula dalam merintis usahanya sehingga dibutuhkan dukungan dari pemerintah dimana salah satu bentuknya adalah dengan menciptakan lingkungan yang supportif. Hasil NES GEM 2015/2016 menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan di pendidikan dasar dan regulasi pemerintah terkait perpajakan merupakan bagian dari lingkungan kewirausahaan yang belum mendukung pelaku usaha pemula. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kurikulum pendidikan khususnya mengenai kewiraushaan dan regulasi perpajakan yang sudah ada sebenarnya mendukung pertumbuhan pelaku usaha pemula di Indonesia atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan teknik penumpulan data menggunakan survei dan wawancara. Analisis yang digunakan memakai analisis deskriptif, distribusi frekuensi serta crosstab analysis. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kurikulum pendidikan khususnya kewirausahaan dan regulasi pajak belum mendukung pertumbuhan pelaku usaha pemula dikarenakan metode pengajaran dan sistem penilaian yang kurang tepat dan ketimpangan pajak yang mengabaikan asas keadilan bagi pelaku usaha pemula. en_US
dc.publisher Program Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject Pelaku Usaha Pemula en_US
dc.subject GEM en_US
dc.subject Indonesia en_US
dc.title Analisis kurikulum pendidikan dan regulasi pajak di Indonesia dalam mendukung pertumbuhan pelaku usaha pemula (nascent entrepreneurs) en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016811017
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0413087901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI803#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account