Pembangkit papan ular tangga acak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abednego, Luciana
dc.contributor.author Thomas, Christian
dc.date.accessioned 2018-05-25T06:10:58Z
dc.date.available 2018-05-25T06:10:58Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp35692
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6057
dc.description 1464 - FTIS en_US
dc.description.abstract Ular tangga adalah permainan sederhana yang dimainkan di papan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Ular tangga dipercaya ditemukan di India pada abad kedua sebelum Masehi. Permainan melambangkan kehidupan di mana terdapat hal yang menyenangkan atau karma yang dilambangkan dengan tangga dan hal yang menyedihkan (kama) yang dilambangkan dengan ular. Pada papan terdapat lebih banyak ular dibandingkan dengan tangga dan maka dari itu pemain akan lebih sulit untuk mencapai akhir atau pencerahan (Moksha). Pada permainan ular tangga, ular bersifat merugikan pemain karena mengakibatkan pemain semakin jauh dari sel akhir papan dan tangga bersifat menguntungkan pemain karena mengakibatkan pemain menjadi semakin dekat dari sel akhir papan. Untuk memainkan permainan ini diperlukan bidak untuk menandai sel terakhir pemain dan dadu untuk menentukan seberapa jauh pemain melangkah. Pemain akan melangkah sejauh jumlah mata dadu yang dilemparkan oleh pemain. Jika bidak pemain melangkah ke sel di mana ada ujung awal ular, maka bidak pemain akan turun ke sel di mana ujung akhir ular tersebut berada. Sedangkan jika bidak pemain melangkah ke sel di mana ada ujung bawah tangga, maka bidak pemain akan naik ke sel di mana ujung atas tangga berada. Permainan berakhir saat ada bidak pemain yang mencapai sel akhir papan. Seringkali pemain merasa bosan memainkan berulangkali papan permainan yang telah dibuat, sehingga pemain ingin membuat papan permainan yang baru. Pemain dapat menciptakan sendiri papan permainan dengan jumlah bagian, ular, dan tangga sesuai dengan kemauan pemain. Papan permainan juga dapat diatur sehingga ular dan tangga tidak saling bertabrakan. Pembuatan papan permainan sesuai dengan kemauan pengguna biasanya juga dilakukan secara manual (menggambar di kertas) sehingga membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan pemain perlu mengatur posisi ular dan tangga sedemikian rupa sehingga tidak saling bertabrakan. Untuk mempermudah pemain memperoleh papan baru, perlu adanya perangkat lunak untuk membuat papan permainan ular tangga. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi dan Sains - UNPAR en_US
dc.subject ular tangga en_US
dc.subject papan ular tangga en_US
dc.subject ular en_US
dc.subject tangga en_US
dc.subject papan en_US
dc.subject pembangkit en_US
dc.title Pembangkit papan ular tangga acak en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012730008
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410038101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI618#Teknik Informatika


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account