Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja di PT. Anugerah Nusa Dinamika di Gedung City Square, Jl. Abdul Rahman Saleh Blok C No.22, Husein Sastranegara, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40174. Penulis telah melakukan praktik kerja selama 206 jam dan sama dengan kurang lebih 10 jam kerja per hari selama 19 hari kerja dengan waktu kerja yaitu Senin sampai Jumat pada pukul 07.30 – 18.00 yang telah dilakukan mulai tanggal 17 Juli 2017 sampai dengan 11 Agustus 2017. Adapun bidang yang dilakukan oleh penulis adalah bidang Administrasi Perkantoran.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis adalah menilai hasil – hasil tes, menginput hasil – hasil tes yang sudah diperiksan menjadi file softcopy, membantu membuat laporan dari hasil tes, dan mempersiapkan dan merapihkan alat – alat tes di ruang pengarsipan. Selain itu penulis juga diberikan beberapa tugas tambahan yaitu memperbanyak berkas yang dibutuhkan menggunakan mesin fotocopy dan menjilid serta merapihkan materi – materi yang dibutuhkan. Masalah yang dialami penulis selama melakukan praktik kerja adalah tidak adanya perangkat personal computer yang dapat digunakan oleh penulis, ruang pengarsipan yang kurang teratur, dan sistem pengarsipan yang tidak efisien.
Setelah melakukan praktik kerja, penulis menyarankan adanya perangkat komputer tambahan yang dapat digunakan oleh karyawan dan lebih ditegaskan lagi dalam proses pengarsipan softcopy agar proses penamaan disama ratakan dan menggunakan sistem numerik. Penulis menerapkan teori Manajemen Perkantoran yang dipelajari selama masa kuliah untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh perusahaan. Dengan melakukan praktik kerja, penulis menyadari pentingnya pelatihan bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kinerja pegawai di perusahaan.