Abstract:
Aspek pemasaran berperan penting dalam kelangsungan hidup suatu bisnis. Pemasaran yang baik dapat meningkatkan volume penjualan di perusahaan. Salah satu aktivitas pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan adalah melakukan pengembangan produk. Pengembangan produk dapat dilakukan dengan melihat keinginan dan kebutuhan konsumen dari waktu ke waktu. Produk yang berhasil dikembangkan dapat diterima oleh konsumen sehingga perusahaan akan mengalami peningkatan volume penjualan dan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Dalam penelitian mengenai pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan dengan objek penelitian Perusahaan Clothing Ouval Research Bandung, peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan jenis penelitian kausal. Sampel yang diambil adalah 100 orang responden dan data faktual berupa pengembangan produk dan volume penjualan yang diperoleh dari perusahaan dengan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Kemudian teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana, dihitung berdasarkan data faktual perusahaan dan didukung oleh opini konsumen berdasarkan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produk berpengaruh terhadap volume penjualan. Pengembangan produk memberikan pengaruh sebesar 59,1 % terhadap volume penjualan di Ouval Research sedangkan sisanya merupakan pengaruh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Penelitian ini memperlihatkan bahwa pengembangan produk dan volume penjualan sudah baik namun masih terdapat beberapa indikator yang masih harus ditingkatkan.
Oleh karena itu peneliti memberikan beberapa saran demi kemajuan perusahaan. Diantaranya meningkatkan kualitas dan jenis produk, membuka lini produk baru, menginovasi desain. Kemudian perusahaan dapat menawarkan harga jual yang beragam, membuat kartu keanggotaan bagi pelanggan, meningkatkan pelayanan, mengadakan program diskon di setiap musim tertentu, hingga melakukan aktivitas promosi di media cetak maupun elektronik. Dengan demikian diharapkan perusahaan dapat lebih mengembangkan produknya dan meningkatkan volume penjualan di Perusahaan Clothing Ouval Research.
Kata Kunci: Pengembangan Produk, Volume Penjualan, Ouval Research