Peran CNN sebagai agen perubahan sosial terkait isu perdagangan perempuan di Kamboja

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yazid, Sylvia
dc.contributor.author Diandra, Rizka
dc.date.accessioned 2018-04-30T07:55:44Z
dc.date.available 2018-04-30T07:55:44Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp35274
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5685
dc.description 8065 - FISIP en_US
dc.description.abstract Perdagangan perempuan di Kamboja, telah menjadi sebuah isu yang berlarut-larut tanpa ada penyelesaian yang jelas. Tingginya aktivitas perdagangan perempuan yang terjadi membuat Kamboja menjadi perhatian dunia Internasional. Salah satu aktor yang berperan dalam menyoroti isu ini adalah CNN. Yang membedakan CNN dengan media lainnya adalah selama masa liputannya di Kamboja, CNN tidak hanya berperan sebagai media, tapi juga sebagai agen perubahan sosial, dengan melakukan berbagai kegiatan diluar fungsi media pada umumnya. Penelitian ini menggunakan konsep media sebagai agen perubahan sosial yang digagas oleh Wilbur Schramm. Schramm menyatakan bahwa terdapat tiga indikator yang menjadikan media sebagai agen perubahan sosial, yaitu disaat media menjadi watchmen, decision maker, dan teacher. Untuk mendapatkan data lengkap, penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan studi dokumen akan berbagai artikel jurnal, buku, berita, dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisa ketiga indikator diatas, ditemukan bahwa CNN belum sepenuhnya berhasil dalam berperan sebagai agen perubahan sosial. Di satu sisi, CNN telah memperluas pengetahuan, meningkatkan aspirasi serta mendonasikan dana untuk pembangunan sekolah bagi para korban perdagangan perempuan di Kamboja. Namun disaat yang bersamaan, selama masa liputannya, CNN juga mengesampingkan berbagai faktor pendorong perdagangan perempuan, serta terlalu memfokuskan kerjasama dengan satu aktor saja, yaitu LSM. Ditambah, data statistik tidak menunjukkan adanya penurunan dalam jumlah korban perdagangan perempuan. en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject CNN en_US
dc.subject perdagangan perempuan en_US
dc.subject agen perubahan sosial en_US
dc.subject Kamboja en_US
dc.title Peran CNN sebagai agen perubahan sosial terkait isu perdagangan perempuan di Kamboja en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013330119
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0419017601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account