dc.description.abstract |
Mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup masa kini yang tidak dapat dilepaskan dengan orang-orang yang semakin modern dan terus bergerak. Kebutuhan akan kopi terus meningkat setiap tahunnya, salah satu sebabnya adalah pertumbuhan bisnis kopi yang meningkat dari setiap kota di Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini akan meneliti salah satu produsen biji kopi di Indonesia, yaitu MouJa Coffee yang berada di kota Bandung. MouJa Coffee sendiri sudah menyuplai biji kopinya kepada Monsoon Cafe.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh faktor-faktor psikologis konsumen dalam menentukan keputusan pembelian produk kopi dari MouJa Coffee. Faktor-faktor psikologis dilihat dari 4 faktor utama yaitu persepsi konsumen, motivasi konsumen, pembelajaran konsumen, serta sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk MouJa Coffee baik dari biji kopi, maupun kopi yang sudah diolah menjadi inti sari kopi atau yang biasa disebut espresso.
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis jalur. Metode analisis jalur berguna untuk mengetahui hubungan ketergantungan langsung diantara satu set variable. Penelitian dengan analisis jalur juga dapat menjawab permasalahan multikolinieritas atau korelasi yang tinggi antara variable eksogen.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh yang signifikan antar faktor-faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara simultan maupun parsial. Dimana faktor-faktor psikologis mencakup pembelajaran, persepsi, motivasi dan sikap konsumen. |
en_US |