Abstract:
Di era globalisasi ini, perkembangan industri makanan dan minuman semakin
pesat. Salah satu bagian dari industri makanan dan minuman adalah industri tata
boga. Kota Bandung menjadi salah satu kota yang terkenal akan wisata
kulinernya. Dalam satu dasawarsa terakhir, kreativitas kuliner Kota Bandung
semakin semarak. Terdapat banyak café yang cukup terkenal akan cita rasa dan
keunikan makanan serta minumannya. Dengan banyaknya café tersebut
membuktikan bahwa tingkat persaingan café di Kota Bandung cukup ketat, maka
dari itu masing-masing café harus melakukan strategi pemasaran yang tepat. Salah
satunya adalah dengan melakukan inovasi produk agar konsumen merasa puas.
Berdasarkan hasil wawancara awal terhadap pengunjung Arromanis Corner Store,
diketahui bahwa sebagian besar pengunjung merasa puas dengan produk
Arromanis Corner Store dan meninggalkan kesan yang baik bagi mereka. Alasan
mereka merasa puas terhadap Arromanis Corner Store karena produknya yang
inovatif dan berbeda dari café sejenis lainnya. Oleh karena itu, rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah Apakah inovasi produk memiliki hubungan dengan
kepuasan pelanggan pada Arromanis Corner Store?
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui seberapa besar hubungan antara inovasi
produk dengan kepuasan pelanggan pada Arromanis Corner Store. Jenis penelitian
ini adalah hypothesis testing dengan menggunakan correlational study dan
metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 150 responden, dan teknik
analisis yang digunakan adalah uji korelasi dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk dan kepuasan
pelanggan di Arromanis Corner Store berada pada kategori tinggi. Selain itu,
terdapat hubungan yang kuat antara inovasi produk dengan kepuasan pelanggan
pada Arromanis Corner Store yaitu sebesar 0,703. Hal tersebut memberikan
pengertian bahwa semakin tinggi inovasi produk, maka akan semakin tinggi pula
kepuasan pelanggan.