Abstract:
Sicepat Ekspres merupakan jasa pengiriman paket yang sudah dikenal di Bandung, yang berdiri pada tahun 2014 dan beroperasi di Jalan Peta. Sicepat menyadari betapa pentingnya strategi pemasaran yang tepat untuk mempertahankan konsumen. Kualitas pelayanan menjadi pertimbangan konsumen untuk mengambil keputusan menggunakan jasa perusahaan.
Sicepat Ekspres terus mengalami peningkatan penjualan hingga saat ini. Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap 15 orang konsumen menyatakan puas dengan pelayanan yang dilakukan Sicepat Ekspres. Hal ini yang menjadi dasar penelitian yang akan ditelusuri lebih lanjut oleh peneliti.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen di Sicepat Ekspres Bandung.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner kepada 155 member Sicepat Ekspres. Tekmik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan koefisien korelasi spearman demi mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen di Sicepat Ekspres Bandung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelayanan Sicepat Ekspres Bandung termasuk dalam kategori sangat baik dan tingkat loyalitas konsumen termasuk dalam kategori baik. Korelasi antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen di Sicepat Ekspres Bandung adalah sebesar 0,656. Hal ini menggambarkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen.