Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan oleh BPPD Bali yang bekerjasama dengan pemerintah dan instansi yang terkait dengan industri pariwisata. Upaya-upaya tersebut meliputi program promosi yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Bali untuk menarik minat wisatawan Australia.
Penulis menggunakan konsep Nation Branding dan teori Upaya promosi untuk mendukung penelitian ini. Kemudian peneliti tidak hanya menggunakan teori diatas, namun juga terdapat teknik upaya promosi sales promotion dan upaya promosi internet dan interactive media yang menjelaskan cara-cara yang ditempuh untuk mendukung kegiatan promosi dalam bisnis pariwisata.
Dalam penelitian ini, penulis menemukan upaya BPPD dalam memenuhi targetnya. Upaya tersebut tertuang dalam empat program. Yang pertama melalui program Bali and Beyond Travel fair (BBTF). Yang kedua, melalui program Sales Mission, Yang ketiga melalui familiarization trip, kemudian yang terakhir melalui kerjasama dengan Bali Go Live.
Upaya promosi yang dilakukan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah Bali dapat dikatakan berhasil dibuktikan dengan adanya peningkatan kedatangan wisatawan Australia ke Bali.