Pembentukan perilaku konsumerisme global dan difusi budaya Jepang : studi kasus Yoshinoya di Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dwikardana, Sapta
dc.contributor.author Kusumah, Allizia Zulfa
dc.date.accessioned 2018-04-25T03:19:42Z
dc.date.available 2018-04-25T03:19:42Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp35261
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5585
dc.description 8052 - FISIP en_US
dc.description.abstract Budaya populer yang keberadaannya meluas akibat adanya globalisasi menjadikan sebuah strategi baru untuk pencapaian kepentingan nasional sebuah negara, baik dari segi ekonomi maupun untuk mendapat citra lebih baik di mata dunia. Jepang merupakan salah satu negara yang menggunakan budaya populernya untuk meningkatkan daya tarik dan mempengaruhi negara lain tanpa menggunakan cara yang kasar atau keras. Produk – produk yang diciptakan budaya populer Jepang sangatlah beragam, salah satunya adalah makanan. Munculnya trend budaya populer Jepang membuat para pebisnis maupun perusahaan melakukan banyak ekspansi ke negara – negara di dunia salah satunya adalah Indonesia. Yoshinoya adalah salah satu contoh restoran fast food makanan khas Jepang yang melakukan ekspansinya ke Indonesia. Namun, munculnya budaya populer Jepang memicu timbulnya konsumerisme yang terjadi di Indonesia, terutama di kota Bandung. Berdasarkan uraian tersebut, penulis mengerucutkan penelitian dengan pertanyaaan “Bagaimana proses global konsumerisme dan difusi budaya Jepang melalui jenis makanan dapat membentuk perilaku konsumerisme studi kasus Yoshinoya di Bandung?” Penulis menggunakan beberapa konsep dan teori pada penelitian ini. Pertama konsep globalisasi dan teori diplomasi publik yang digunakan untuk membahas bagaimana budaya Jepang dapat menghasilkan budaya populer. Kedua teori pertukaran budaya dari O’Neill yang menjelaskan proses difusi budaya Jepang. Terakhir ada teori competitive advantage untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh Yoshinoya sebagai restoran fast food. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam mencari data daan menjelaskan hasil penelitian secara deskriptif. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject globalisasi en_US
dc.subject budaya populer en_US
dc.subject Jepang en_US
dc.subject konsumerisme en_US
dc.subject Yoshinoya en_US
dc.title Pembentukan perilaku konsumerisme global dan difusi budaya Jepang : studi kasus Yoshinoya di Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012330034
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423096101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account