Abstract:
Jembatan merupakan salah satu prasarana yang diperlukan dalam pengoperasian kereta api. Jembatan
kereta api rangka baja tipe tipikal WTT (Welded through truss) merupakan salah satu jenis jembatan
rangka baja yang sudah digunakan di Indonesia sejak tahun 1990-an. Terdapat perubahan peraturan
mengenai beban dan kombinasi pembebanan yang terdapat pada SNI 1725:2016 tentang pembebanan
untuk jembatan. Diperlukan pengecekan kapasitas keseluruhan elemen struktur jembatan terhadap
kombinasi pembebanan yang berlaku. Dari analisis, didapatkan bahwa jembatan tipe WTT 51,6 m secara
umum tidak dapat menerima kombinasi pembebanan sehingga rasio kapasitas yang terjadi pada
penampang memiliki nilai lebih besar dari satu. Setelah dilakukan modifikasi penampang berupa
penambahan ketebalan sayap maupun badan penampang, diperoleh struktur jembatan modifikasi dengan
berat total struktur 175,76 ton. Selain modifikasi penampang, dilakukan analisis terhadap jembatan baru
yang menggunakan profil baja yang terdapat pada industri baja di Indonesia sebagai elemen penyusun
struktur jembatan dengan hasil analisis berupa berat total dari struktur sebesar 141,971 ton.