dc.description.abstract |
Pembangunan infrastruktur untuk umum termasuk jalan tol sering terkendala oleh keterbatasan
dana pemerintah. Oleh karena itu, peran serta badan usaha melalui skema Kerjasama Pemerintah
dan Badan Usaha (KPBU) sangat dibutuhkan. Namun, risiko yang besar di dalam investasi jalan
tol mengurangi minat badan usaha untuk ikut berpartisipasi. Salah satu risiko paling signifikan,
sulit diprediksi dan sulit dikendalikan adalah risiko volume lalu lintas. Meskipun demikian, hanya
sedikit penelitian yang berfokus pada identifikasi dan analisis faktor-faktor yang berpengaruh pada
risiko volume lalu lintas jalan tol khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan
untuk mengisi kesenjangan pengetahuan tersebut. Identifikasi faktor didapatkan dari hasil kajian
literatur penelitian terdahulu baik di dalam maupun di luar negeri serta validasi terhadap pakar.
Selanjutnya, pembobotan faktor dilakukan dengan menggunakan metoda analisis Analytic
Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis didapatkan tiga kriteria yaitu
karakteristik pengguna, karakteristik wilayah dan karakteristik fasilitas, masing-masing dibagi ke
dalam subkriteria dengan jumlah total 22 subkriteria dan 4 sub-subkriteria untuk 2 subkriteria.
Terdapat 33 responden yang berpartisipasi di dalam survei perbandingan berpasangan yang
merepresentasikan response rate sebesar 60%. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan
AHP, karakteristik pengguna adalah kriteria yang paling berpengaruh terhadap risiko volume lalu
lintas jalan tol di Indonesia menurut responden, diikuti oleh karakteristik wilayah dan karakteristik
fasilitas. Di bawah karakteristik pengguna, subkriteria paling berpengaruh adalah kesediaan
membayar; di bawah karakteristik wilayah adalah subkriteria pertumbuhan kepemilikan
kendaraan; di bawah karakteristik fasilitas adalah subkriteria konektivitas. Terdapat korelasi yang
sangat kuat (p = 0,82) antara pembobotan dengan metode AHP dan 5 poin skala likert sebagai
validasi penilaian hasil penelitian ini. Penelitian ini juga membuka jalan untuk penelitian lanjutan
di masa yang datang. |
en_US |