Identifikasi dan analisis faktor-faktor yang berpengaruh pada risiko volume lalu lintas jalan tol di Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibowo, Andreas
dc.contributor.author Munggarani, Nurrela Arifah
dc.date.accessioned 2018-03-28T04:38:18Z
dc.date.available 2018-03-28T04:38:18Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other tes1845
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5440
dc.description.abstract Pembangunan infrastruktur untuk umum termasuk jalan tol sering terkendala oleh keterbatasan dana pemerintah. Oleh karena itu, peran serta badan usaha melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sangat dibutuhkan. Namun, risiko yang besar di dalam investasi jalan tol mengurangi minat badan usaha untuk ikut berpartisipasi. Salah satu risiko paling signifikan, sulit diprediksi dan sulit dikendalikan adalah risiko volume lalu lintas. Meskipun demikian, hanya sedikit penelitian yang berfokus pada identifikasi dan analisis faktor-faktor yang berpengaruh pada risiko volume lalu lintas jalan tol khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan tersebut. Identifikasi faktor didapatkan dari hasil kajian literatur penelitian terdahulu baik di dalam maupun di luar negeri serta validasi terhadap pakar. Selanjutnya, pembobotan faktor dilakukan dengan menggunakan metoda analisis Analytic Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis didapatkan tiga kriteria yaitu karakteristik pengguna, karakteristik wilayah dan karakteristik fasilitas, masing-masing dibagi ke dalam subkriteria dengan jumlah total 22 subkriteria dan 4 sub-subkriteria untuk 2 subkriteria. Terdapat 33 responden yang berpartisipasi di dalam survei perbandingan berpasangan yang merepresentasikan response rate sebesar 60%. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan AHP, karakteristik pengguna adalah kriteria yang paling berpengaruh terhadap risiko volume lalu lintas jalan tol di Indonesia menurut responden, diikuti oleh karakteristik wilayah dan karakteristik fasilitas. Di bawah karakteristik pengguna, subkriteria paling berpengaruh adalah kesediaan membayar; di bawah karakteristik wilayah adalah subkriteria pertumbuhan kepemilikan kendaraan; di bawah karakteristik fasilitas adalah subkriteria konektivitas. Terdapat korelasi yang sangat kuat (p = 0,82) antara pembobotan dengan metode AHP dan 5 poin skala likert sebagai validasi penilaian hasil penelitian ini. Penelitian ini juga membuka jalan untuk penelitian lanjutan di masa yang datang. en_US
dc.publisher Program Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject jalan tol en_US
dc.subject risiko volume lalu lintas en_US
dc.subject AHP en_US
dc.subject Indonesia en_US
dc.title Identifikasi dan analisis faktor-faktor yang berpengaruh pada risiko volume lalu lintas jalan tol di Indonesia en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014831041
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI810#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account