dc.description.abstract |
Salah satu industri yang tetap ramai dan berkembang sampai saat ini dalam segala situasi perekonomian di Indonesia adalah industri makanan dan minuman. Salah satu dari jenis industri makanan dan minuman yang sedang berkembang pesat adalah industri bakery. Perubahan gaya hidup perkotaan telah membuat konsumsi akan produk bakery meningkat, hal ini juga terjadi di kota Bandung. PT.X adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bakery yang terdapat di kota Bandung sejak tahun 2004 sampai saat ini. Ketatnya persaingan membuat PT.X perlu memikirkan strategi yang tepat untuk dapat memenangkan persaingan di industri ini.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui usulan strategi apa yang dapat diberikan kepada PT.X untuk meningkatkan keunggulan bersaingnya dalam rangka memenangkan persaingan di industri bakery. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis PESTLE, Porter’s Five Forces, External Factors Analysis Summary (EFAS), Internal Factors Analysis Summary (IFAS), Strategic Factors Analysis Summary (SFAS), analisis SWOT, dan QSPM. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat ini PT.X berada pada keadaan industri yang bersaing dengan ketat. Dari hasil analisis QSPM diperoleh usulan strategi yang dapat diterapkan oleh PT.X adalah alternatif strategi W-O yang memiliki total attractiveness score sebesar 6,53. Alternatif strategi W-O yaitu meminimalkan kelemahan internal dan memanfaatkan peluang yang ada melalui : (1) Memanfaatkan perkembangan media sosial sebagai alat promosi produk; (2) Membentuk bagian penelitian dan pengembangan untuk menciptakan inovasi baik produk maupun penjualan. Hal ini memiliki kesesuaian dengan hasil analisis SWOT yang menemukan bahwa pada saat ini PT.X berada pada kuadran tiga.
Perusahaan yang berada pada kuadran tiga sebaiknya merubah strategi yang dilakukan selama ini untuk memanfaatkan peluang yang ada. Berdasarkan Strategi Generik Porter, penulis mengusulkan PT.X untuk menerapkan strategi fokus diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan produk bakery sehat, sesuai dengan gaya hidup sehat yang sedang menjadi tren masyarakat perkotaan saat ini. |
en_US |