dc.contributor.advisor |
Talim, M. Banowati |
|
dc.contributor.author |
Suprijatini, Juni |
|
dc.date.accessioned |
2018-03-27T06:37:58Z |
|
dc.date.available |
2018-03-27T06:37:58Z |
|
dc.date.issued |
2017 |
|
dc.identifier.other |
tes1825 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/5409 |
|
dc.description.abstract |
PT Bank BJB Tbk mencatatkan saham perdananya pada tanggal 8 Juli 2010. Perubahan bentuk
badan usaha menuntut perubahan budaya organisasi. Bank BJB belum secara khusus menentukan
budaya seperti apa yang hendak dituju. Peneliti ingin mengetahui tipe budaya organisasi yang
paling dominan yang saat ini dirasakan dan tipe budaya yang dominan yang diharapkan menurut
pegawai Divisi Sumber Daya Manusia Kantor Pusat dan Kantor Cabang Utama Bank BJB, dan
kesiapan top level untuk menjalankan budaya organisasi yang diharapkan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif menyajikan satu gambar yang
terperinci tentang satu situasi khusus, setting sosial, atau hubungan. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian survey. Penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sampel
dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Dari
hasil penelitian dengan menggunakan instrumen OCAI (Organizational Culture Assessment
Instrument) dan instrumen MSAI (Management Skills Assessment Instrument) menunjukan bahwa
budaya organisasi yang saat ini dirasakan oleh pegawai didominasi oleh budaya Market dan
Hierarchy sedangkan budaya yang diharapkan didominasi oleh budaya Clan dan Market. Jika
dilihat dari keterampilan manajerial, maka keterampilan budaya Clan sudah dimiliki oleh para
manajer. Untuk keterampilan budaya Market masih ada sebanyak 25% responden yang berada
pada tingkat sedang dan 12,5% pada tingkat rendah. Rekomendasi yang dimunculkan dari
penelitian ini yaitu pimpinan Divisi Sumber Daya Manusia perlu lebih fokus untuk melakukan
berbagai upaya untuk merubah mindset pegawai dan meyakinkan bahwa budaya saat ini yaitu
Market dan Hierarchy sudah tepat untuk mencapai visi – misi Divisi Sumber Daya Manusia dan
bahkan visi – misi Bank BJB. Masih perlu meningkatkan keterampilan manajerial dalam hal
competitiveness, energizing employes, dan customer service. |
en_US |
dc.publisher |
Program Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan |
en_US |
dc.subject |
Budaya Organisasi |
en_US |
dc.subject |
OCAI (Organizational Culture Assessment Instrument) |
en_US |
dc.subject |
MSAI (Management Skills Assessment Instrument) |
en_US |
dc.title |
Analisis budaya organisasi : studi kasus divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Kantor Pusat dan non-SDM (Kantor Cabang Utama) Bank BJB |
en_US |
dc.type |
Master Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2012811023 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0423116401 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI803#Manajemen |
|