Analisis budaya organisasi : studi kasus divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Kantor Pusat dan non-SDM (Kantor Cabang Utama) Bank BJB

Show simple item record

dc.contributor.advisor Talim, M. Banowati
dc.contributor.author Suprijatini, Juni
dc.date.accessioned 2018-03-27T06:37:58Z
dc.date.available 2018-03-27T06:37:58Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other tes1825
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5409
dc.description.abstract PT Bank BJB Tbk mencatatkan saham perdananya pada tanggal 8 Juli 2010. Perubahan bentuk badan usaha menuntut perubahan budaya organisasi. Bank BJB belum secara khusus menentukan budaya seperti apa yang hendak dituju. Peneliti ingin mengetahui tipe budaya organisasi yang paling dominan yang saat ini dirasakan dan tipe budaya yang dominan yang diharapkan menurut pegawai Divisi Sumber Daya Manusia Kantor Pusat dan Kantor Cabang Utama Bank BJB, dan kesiapan top level untuk menjalankan budaya organisasi yang diharapkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif menyajikan satu gambar yang terperinci tentang satu situasi khusus, setting sosial, atau hubungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Dari hasil penelitian dengan menggunakan instrumen OCAI (Organizational Culture Assessment Instrument) dan instrumen MSAI (Management Skills Assessment Instrument) menunjukan bahwa budaya organisasi yang saat ini dirasakan oleh pegawai didominasi oleh budaya Market dan Hierarchy sedangkan budaya yang diharapkan didominasi oleh budaya Clan dan Market. Jika dilihat dari keterampilan manajerial, maka keterampilan budaya Clan sudah dimiliki oleh para manajer. Untuk keterampilan budaya Market masih ada sebanyak 25% responden yang berada pada tingkat sedang dan 12,5% pada tingkat rendah. Rekomendasi yang dimunculkan dari penelitian ini yaitu pimpinan Divisi Sumber Daya Manusia perlu lebih fokus untuk melakukan berbagai upaya untuk merubah mindset pegawai dan meyakinkan bahwa budaya saat ini yaitu Market dan Hierarchy sudah tepat untuk mencapai visi – misi Divisi Sumber Daya Manusia dan bahkan visi – misi Bank BJB. Masih perlu meningkatkan keterampilan manajerial dalam hal competitiveness, energizing employes, dan customer service. en_US
dc.publisher Program Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject Budaya Organisasi en_US
dc.subject OCAI (Organizational Culture Assessment Instrument) en_US
dc.subject MSAI (Management Skills Assessment Instrument) en_US
dc.title Analisis budaya organisasi : studi kasus divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Kantor Pusat dan non-SDM (Kantor Cabang Utama) Bank BJB en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012811023
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423116401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI803#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account