Abstract:
Banyaknya jumlah industri sekarang membuat persaingan semakin ketat. Persaingan ini ditentukan dengan pelayanan yang diberikan perusahaan kepada konsumennya. Salah satu pelayanan yang dapat diberikan perusahaan kepada konsumen adalah dengan memberikan produk berkualitas.
PT X adalah salah satu produsen brankas yang sedang berkembang. Untuk dapat bersaing perusahaan harus bisa meningkatkan pelayanannya terhadap konsumen, dimana salah satu faktor terpentingnya adalah kualitas produk yang diberikan kepada konsumen. Brankas Patriot-1 adalah jenis brankas yang paling banyak dipesan oleh konsumen, namun perusahaan beberapa kali mendapat keluhan akibat adanya cacat pada produk Patriot-1 ini. Jumlah keluhan mencapai 8-10% dari total penjualan produk brankas Patriot-1. Keluhan-keluhan konsumen umunya terkait dengan kesulitan mekanisme penguncian mekanisme buka-tutup pintu, dan kerusakan pada noken. Oleh karena itu, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi kriteria-kriteria kualitas dan memberikan usulan perbaikan.
Metode quality function deployment (QFD) dipilih untuk menyelesaikan masalah karena, metode ini dapat menghubungkan kebutuhan konsumen dengan tahap-tahap pemenuhan kebutuhan tersebut secara sistematis. Matriks pertama dari QFD, yaitu house of quality digunakan untuk mengidentifikasi ukuran performansi brankas Patriot-1. Matriks kedua dari QFD, yaitu part deployment digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik komponen brankas Patriot-1. Ukuran performansi dan karakteristik komponen yang sudah diidentifikasi akan dievaluasi untuk merancang usulan perbaikan kualitas brankas Patriot-1. Evaluasi dan usulan yang dirancang diharapkan dapat memperbaiki kualitas brankas Patriot-1 dan mengurangi jumlah keluhan konsumen akibat adanya cacat pada Patriot-1.