Perancangan sistem informasi manajemen di PT Darma Setia Lira

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sandy, Ignatius A.
dc.contributor.author Rosimin, Robertus Aurelius Alvin
dc.date.accessioned 2018-02-08T07:53:26Z
dc.date.available 2018-02-08T07:53:26Z
dc.date.issued 2011
dc.identifier.other 6107009
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5195
dc.description 3183 - FTI en_US
dc.description.abstract PT Darma Setia Lira adalah salah satu perusahaan yang bergerak di industri garmen. Perusahaan ini termasuk jenis perusahaan makloon/maklun, yaitu perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan lain dan bertugas untuk memproduksi sejumlah order produk yang diinginkan oleh perusahaan lain. Untuk dapat berkompetisi dengan baik perusahaan perlu memperhatikan aspek internal yang ada di dalam perusahaan, yaitu informasi. Informasi harus dapat dimengerti dan digunakan oleh semua pihak dalam perusahaan sehingga tidak ada kesalahpahaman antara satu orang dengan orang lainnya. Pada proses bisnis sekarang, pengolahan informasi yang dimiliki oleh perusahaan menggunakan jenis pengolahan informasi sederhana, yaitu menulis secara manual di kertas. Dengan sistem informasi yang bersifat manual maka akan membuat proses pencatatan informasi dilakukan secara berulang-ulang sehingga tidak efisien. Selain itu, karena sistem informasi yang ada dilakukan secara manual, maka setiap bagian yang ada dalam perusahaan sulit untuk mendapatkan data yang akurat. Untuk menanggulangi kelemahan tersebut perlu dirancang suatu sistem informasi yang dapat menunjang kegiatan perusahaan. Perancangan sistem informasi dikerjakan dengan menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle). SDLC adalah metode siklus hidup yang berfungsi untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi. Secara umum tahap SDLC ini dimulai dari tahap perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, dan pemeliharaan. Tahapan-tahapan pada metode SDLC tersebut dapat memudahkan peneliti untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi sampai merancang sistem informasi perusahaan yang sesuai. Dengan adanya sistem informasi usulan, sistem informasi yang ada pada PT Darma Setia Lira menjadi lebih terstruktur, lebih efisien dan terkomputerisasi. Masalah-masalah yang pada awalnya muncul seperti permasalahan pencatatan informasi job order, pencatatan kedatangan bahan baku dan pencatatan data yang berulang dapat diminimasi. Selain itu, perancangan sistem informasi usulan yang telah dirancang bertujuan agar informasi yang diperlukan oleh perusahaan dapat diperoleh pada waktu yang tepat dan oleh orang yang tepat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan sistem informasi manajemen di PT Darma Setia Lira en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account