Abstract:
Pusat perbelanjaan X adalah salah satu pusat perbelanjaan yang terkemuka di Bandung. Area parkir di pusat perbelanjaan menjadi perhatian bagi pihak pengelola. Pihak pengelola memberikan tanggung jawab kepada PT Y untuk mengelola parkir di pusat perbelanjaan tersebut. Salah satu yang menjadi perhatian adalah area parkir motor yang kerap kali mengalami masa-masa dimana konsumen secara bersamaan keluar dari area parkir. Hal tersebut menimbulkan masalah utama yang sering kali terjadi yaitu antrian panjang konsumen yang ingin keluar dari area parkir motor. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui performansi sistem sekarang yang diukur dalam waktu rata-rata konsumen di dalam sistem, utilitas server, dan jumlah rata-rata konsumen di dalam sistem serta mencari alternatif perbaikan yang dapat meningkatkan performansi sistem dalam mengatasi antrian panjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemodelan simulasi. Dengan menggunakan pemodelan simulasi, diharapkan dapat diketahui sistem terbaik dalam mengatasi antrian panjang yang terjadi.
Hasil dari penelitian ini adalah 3 usulan alternatif sistem perbaikan. Usulan alternatif satu melakukan perbaikan tata letak server dan mengurangi batasan jumlah konsumen di antrian untuk membuka server cadangan. Usulan alternatif 2 mengeliminasi elemen kerja yang tidak efektif. Usulan alternatif 3 menggunakan perbaikan pada alternatif dua dan melakukan perbaikan pada proses pembayaran dengan menggunakan kartu anggota. Untuk usulan alternatif 2 dan 3 terdapat pilihan untuk menggunakan server cadangan atau tidak.
Usulan alternatif satu menghasilkan penurunan pada rata-rata waktu dan rata-rata jumlah konsumen di dalam sistem. Untuk usulan alternatif 2 dan 3, selain memberikan penurunan rata-rata waktu dan rata-rata jumlah di dalam konsumen yang signifikancadangan atau tidak. Penurunan rata-rata waktu dan rata-rata jumlah konsumen di dalam sistem dapat memperbaiki performansi sistem dalam mengatasi antrian.