dc.description.abstract |
Penelitian untuk tugas akhir dilakukan di sekolah yang bernama SD GRACIA. Terkait dengan kurikulum yang berlaku di era sekarang, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dibutuhkan sistem yang terus-menerus menyempurnakan perkembangan kurikulum di sekolah tersebut. Proses bisnis yang dapat melemahkan sekolah tersebut dalam mengimbangi tuntutan dari KTSP adalah aliran informasi yang kurang baik, kurangnya ketegasan dari pihak sekolah terhadap tenaga pendidik dalam pengumpulan data yang berhubungan dengan penilaian, kurangnya pembakuan format penilaian yang harus dikumpulkan, tak adanya sistem berbasis komputer yang sanggup membakukan perumusan nilai yang memiliki sekuritas tinggi, dan terbatasnya kemampuan beberapa Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola informasi/data secara komputerisasi.
Dari observasi yang dilakukan, penulis mencoba untuk mengusulkan usulan sistem di sekolah tersebut melalui tugas akhir ini, khususnya sistem penilaian dan pemantauan hasil belajar siswa. Untuk memahami usulan sistem penilaian dan pemantauan hasil belajar siswa di SD GRACIA digambarkan peta Integrated Computer-Aided Manufacturing Definition (IDEF0). Melalui peta IDEF0 dilakukan identifikasi dari kelemahan sistem yang ada di SD GRACIA. Perancangan usulan sistem berdasarkan metode SDLC (System Development Life Cycle) hanya dilakukan sampai pada tahap desain. Untuk perancangan basis data digunakan ERD (Entity Relationship Diagram).
Hasil dari perancangan usulan sistem pemantauan hasil belajar siswa diharapkan dapat membuat sistem yang ada memiliki aliran informasi yang lebih rapi, terstruktur, mendisiplinkan Sumber Daya Manusia (SDM), dan meniadakan keterlambatan pelaporan hasil belajar siswa dan perkembangannya kepada pimpinan, orang tua siswa, maupun dinas. Untuk membenahi sistem penilaian dan pemantauan hasil belajar siswa di SD GRACIA akan sangat dibutuhkan pelatihan penggunaan sistem yang terkomputerisasi untuk setiap Sumber Daya Manusia (SDM). |
en_US |