Abstract:
Perkembangan produk yang semakin beragam, telah memberikan kesempatan
yang sangat besar bagi konsumen untuk dapat memilih produk-produk tersebut. Ini
menyebabkan begitu banyak macam produk akan bersaing untuk memperebutkan pangsa
pasar yang tidak tumbuh sebesar pertambahan produk-produk itu sendiri. Persaingan yang
semakin ketat juga dirasakan oleh industri makanan yaitu selai. Salah satu perusahaan yang
memproduksi selai adalah PT. Jamindo Satya Usaha dengan merk selai ”Majesty”.
Keputusan pembelian konsumen tidak terlepas dari konsep-konsep evaluasi
konsumen terhadap atribut produk. Konsumen banyak melakukan trade-off antara atributatribut
yang penting dan kurang penting. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk
mengetahui kombinasi atribut selai kemasan kecil yang paling memenuhi preferensi
konsumen. Conjoint analysis merupakan metode yang akan mengkombinasikan atributatribut
beserta level yang dimiliki oleh tiap atribut untuk membentuk sebuah konsep produk
yang memiliki utility dan importance yang paling tinggi berdasarkan preferensi konsumen.
Analisis konjoin yang digunakan dalam penelitian ini adalah traditional conjoint dengan
metode presentasi full-profile. Sementara proses konjoin dilakukan dengan software SPSS.
Diperoleh hasil usulan kombinasi atribut selai kemasan kecil yang paling memenuhi
preferensi konsumen di kota Bandung adalah : bentuk kemasan elips, harga Rp 15.000,00
s.d. Rp 24.999,00, tingkat manis medium sugar, kehalusan sedang, bahan kemasan plastik,
tipe kemasan diputar, ukuran kemasan 251-350 gr, dan warna selai sedang.