Perancangan ulang tampilan software edugames petualangan Bobby bola berdasarkan konsep usability untuk anak-anak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Yolandi, Yurika
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:18:26Z
dc.date.available 2018-02-06T08:18:26Z
dc.date.issued 2008
dc.identifier.other 6103151
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5122
dc.description 2724 - FTI en_US
dc.description.abstract Dewasa ini perkembangan kecerdasan dan kreatifitas anak semakin meningkat pesat sehingga semakin banyak permainan anak yang dirancang berisikan materi pendidikan sekaligus permainan interaktif di dalamnya. Hal yang sangat membantu adalah dengan adanya softwaresoftware yang bersifat edugames, yaitu perpaduan antara pendidikan dan permainan. Namun beberapa produk software komputer memberikan informasi sedikit, menempatkan dan menggunakan warna yang tidak menarik, intruksi-intruksi yang tidak jelas, animasi dan gambar yang monoton. Objek software komputer yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk software edugames dengan edisi Petualangan Bobby Bola. Kemampupakaian pada penelitian ini dibagi menjadi lima faktor yaitu : keefisienan, keefektifan, kepuasan, kemampuan untuk dipelajari, kemampuan untuk disukai. Untuk pemilihan sampel pada penelitian ini, metode sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling. Secara khusus, teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Responden yang diteliti merupakan anak-anak yang pernah menggunakan software edugames atau orang yang sesuai dengan profil pengguna, sehingga lebih menghemat waktu dan biaya. Bentuk data yang dikumpulkan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah data waktu pengerjaan soal serta data jumlah kesalahan sewaktu mengerjakan soal-soal yang diberikan. Data kualitatif yang diamati berupa pendapat mengenai software tersebut. Pengamatan dilakukan untuk seluruh pilihan permainan dengan pengguna berusia 8 tahun. Data observasi diolah sehingga menghasilkan input untuk perancangan ulang software edugames Petualangan Bobby Bola. Perancangan ulang dilakukan pada tampilan-tampilan di setiap pilihan permainan yang ada dalam software edugames Petualangan Bobby Bola. Selain itu, dirancang juga tampilan main menu, perkenalan, loading, exit, dan pengubahan tingkat kesulitan. Hal ini meliputi usulan perbaikan proses permainan, gambar rancangan, dan analisis yang meliputi tampilan ukuran dan jenis huruf, warna huruf, gambar dan warna background, dan simbol serta kata-kata penjelasan yang digunakan. Dari hasil perancangan ulang yang dilakukan, selanjutnya akan dilakukan analisis dan evaluasi dengan melakukan focus group bersama pengguna untuk menghasilkan alternatif rancangan yang terbaik dan mudah dipakai. Diperoleh kesimpulan bahwa perancangan ulang yang dilakukan merupakan rancangan yang lebih disukai dibandingkan rancangan kondisi awal. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject usability en_US
dc.subject uji kemampupakaian en_US
dc.subject software edugames en_US
dc.title Perancangan ulang tampilan software edugames petualangan Bobby bola berdasarkan konsep usability untuk anak-anak en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account