dc.description.abstract |
Minimarket beberapa tahun terakhir ini semakin menjamur di kota-kota
besar di Indonesia dan mengalami kenaikan pangsa pasar. Fenomena impulse
purchase juga semakin meningkat, bahkan pada minimarket. Impulse purchase
adalah suatu tindakan pembelian yang dibuat tanpa direncanakan sebelumnya
atau keputusan pembelian dilakukan pada saat berada di dalam toko. Minimarket
X adalah minimarket yang berlokasi dekat dengan Universitas Katolik
Parahyangan, sehingga lokasinya sangat strategis untuk dikunjungi oleh
mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan. Pertumbuhan minimarket yang
semakin pesat sekarang ini membuat minimarket X harus memikirkan cara agar
dapat tetap bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Salah satu cara
yang dapat dilakukan minimarket X agar dapat tetap bertahan adalah dengan
memanfaatkan perilaku impulse purchase ini. Untuk mengetahui faktor-faktor
yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan impulse purchase maka
dilakukan penelitian pada minimarket T yang telah sangat berhasil
mempengaruhi konsumennya untuk melakukan impulse purchase di sana.
Dengan menggunakan analisis faktor maka diketahui faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku impulse purchase konsumen pada minimarket T. Analisis
faktor ini adalah untuk lebih memudahkan dalam mengidentifikasi variabel-variabel
dengan mengubahnya menjadi faktor-faktor yang jumlahnya lebih sedikit
yang dapat mewakili sebanyak mungkin variabel yang ada. Dari 22 variabel yang
diperoleh melalui hasil eksploratori, kemudian dikelompokkan menjadi 7 faktor,
yaitu faktor Point of Purchase Media, Timing, tata letak, pengaturan rak dan
produk, harga, image harga dan pelayanan, dan kepadatan.
Faktor-faktor tersebut kemudian dimanfaatkan untuk melakukan
perbaikan terhadap minimarket X yang lokasinya sama-sama berada di dekat
kawasan universitas agar dapat memanfaatkan perilaku impulse purchase
tersebut untuk meningkatkan penjualannya. Salah satu usulan perbaikan yang
diberikan pada minimarket X adalah memperbaiki faktor Point of Purchase media
yang terdiri dari variabel display potongan harga, display informasi produk baru,
dan penawaran spesial, karena point of purchase memegang peranan yang
sangat penting dalam pengambilan keputusan pembelian di dalam toko. |
en_US |