Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku impulse purchase pada minimarket T Ciumbuleuit sebagai dasar perancangan usulan perbaikan untuk minimarket X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Hidayat, Rosa
dc.date.accessioned 2018-02-06T07:39:24Z
dc.date.available 2018-02-06T07:39:24Z
dc.date.issued 2008
dc.identifier.other 6103098
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5117
dc.description 2690 - FTI en_US
dc.description.abstract Minimarket beberapa tahun terakhir ini semakin menjamur di kota-kota besar di Indonesia dan mengalami kenaikan pangsa pasar. Fenomena impulse purchase juga semakin meningkat, bahkan pada minimarket. Impulse purchase adalah suatu tindakan pembelian yang dibuat tanpa direncanakan sebelumnya atau keputusan pembelian dilakukan pada saat berada di dalam toko. Minimarket X adalah minimarket yang berlokasi dekat dengan Universitas Katolik Parahyangan, sehingga lokasinya sangat strategis untuk dikunjungi oleh mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan. Pertumbuhan minimarket yang semakin pesat sekarang ini membuat minimarket X harus memikirkan cara agar dapat tetap bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Salah satu cara yang dapat dilakukan minimarket X agar dapat tetap bertahan adalah dengan memanfaatkan perilaku impulse purchase ini. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan impulse purchase maka dilakukan penelitian pada minimarket T yang telah sangat berhasil mempengaruhi konsumennya untuk melakukan impulse purchase di sana. Dengan menggunakan analisis faktor maka diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku impulse purchase konsumen pada minimarket T. Analisis faktor ini adalah untuk lebih memudahkan dalam mengidentifikasi variabel-variabel dengan mengubahnya menjadi faktor-faktor yang jumlahnya lebih sedikit yang dapat mewakili sebanyak mungkin variabel yang ada. Dari 22 variabel yang diperoleh melalui hasil eksploratori, kemudian dikelompokkan menjadi 7 faktor, yaitu faktor Point of Purchase Media, Timing, tata letak, pengaturan rak dan produk, harga, image harga dan pelayanan, dan kepadatan. Faktor-faktor tersebut kemudian dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan terhadap minimarket X yang lokasinya sama-sama berada di dekat kawasan universitas agar dapat memanfaatkan perilaku impulse purchase tersebut untuk meningkatkan penjualannya. Salah satu usulan perbaikan yang diberikan pada minimarket X adalah memperbaiki faktor Point of Purchase media yang terdiri dari variabel display potongan harga, display informasi produk baru, dan penawaran spesial, karena point of purchase memegang peranan yang sangat penting dalam pengambilan keputusan pembelian di dalam toko. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject impulse purchase en_US
dc.subject analisis faktor en_US
dc.title Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku impulse purchase pada minimarket T Ciumbuleuit sebagai dasar perancangan usulan perbaikan untuk minimarket X en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account