Abstract:
Spa dan refleksi merupakan tempat yang banyak dikunjungi untuk melepas rasa lelah, salah
satunya adalah Zen cabang Surya Sumantri. Banyaknya tempat spa dan refleksi membuat persaingan
menjadi ketat sehingga konsumen sulit memilih tempat spa dan refleksi. Konsumen cenderung mencari
tempat yang memiliki harga tidak terlalu mahal, treatment yang memuaskan, dan dengan durasi
treatment yang panjang. Banyaknya faktor yang menjadi preferensi konsumen menjadi dasar dalam
penelitian. Penelitian dimulai dengan melakukan identifikasi faktor yang dilakukan dengan wawancara
kepada 10 orang responden dan didapatkan sebanyak sembilan faktor. Kemudian dilakukan penentuan
level untuk masing-masing faktor. Metode yang cocok digunakan dalam penelitian adalah adaptive
choice based conjoint (ACBC). Metode ACBC dipilih karena metode ini dapat meneliti jumlah faktor
antara 7-14 buah. Metode ini juga memberikan tiga tahapan kuesioner, yaitu build your own (BYO),
screening, dan choice task. Ketiga tahapan pada kuesioner membantu untuk lebih mengerti preferensi
konsumen. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 250 orang dan responden tersebut merupakan
orang-orang yang pernah melakukan treatment spa dan/atau refleksi. Kuesioner disebarkan secara
online dan diolah dengan menggunakan Sawtooth Software serta SMRT. Usulan kombinasi faktor
didapatkan dari proses estimasi metode count dan logit dengan melihat nilai terbesar dari masingmasing
metode. Pada penelitian dipilih metode estimasi count karena metode logit menghasilkan
kombinasi yang tidak mungkin terjadi pada keadaan nyata. Hasil usulan kombinasi tersebut adalah harga
antara Rp 75.000 – Rp 110.000, aroma terapi lavender, ruangan treatment privat, jenis pelayanan body
massage, durasi pelayanan 90 menit, waktu menunggu 10-15 menit, pencahayaan redup, promo happy
hour (diskon 20% pk 10.00-14.00 weekday), dan metode pembayaran tunai.