Abstract:
Kegiatan promosi dengan melakukan pemasangan virtual advertising pada pertandingan sepakbola di televisi merupakan salah satu metode dalam meningkatkan brand awareness di masyarakat. Terdapat beberapa variasi posisi penempatan iklan virtual yang biasa digunakan oleh pihak channel televisi. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada penelitian yang berfokus pada pemberian rekomendasi desain penempatan iklan virtual pada tayangan pertandingan sepakbola. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk pemberian rekomendasi tersebut dengan metode eye tracking dan kuesioner recall rate.
Sebanyak 40 partisipan diminta untuk mengikuti penelitian awal dengan menonton video sekaligus direkam pergerakan matanya oleh eye tracker kemudian dilanjutkan dengan mengisi kuesioner recall rate. Tiga posisi dengan recall rate terbaik adalah posisi tengah-bawah (uk. kecil) dengan 32,5%; atas (uk. sedang) dengan 33,75%; dan kiri-atas (uk. besar) dengan 37,5% serta total durasi partisipan melihat iklan terbaik pula di kategori ukuran masing-masing (39,86 detik; 70,97 detik; dan 43,06 detik). Oleh karena itu, rekomendasi yang diberikan adalah dengan memposisikan iklan pada ketiga posisi tersebut.
Video yang digunakan pada penelitian rekomendasi sama dengan video yang digunakan pada penelitian awal dengan hanya mengubah posisi penempatan iklannya saja. Sebanyak 40 partisipan yang berbeda diminta untuk mengikuti penelitian rekomendasi. Secara umum, total durasi partisipan melihat iklan mengalami penurunan sekitar 0,5-24,52 detik (uk. kecil); 16,33-56,69 detik (uk. sedang); dan 14,31-17,35 detik (uk. besar). Akan tetapi, rata-rata recall rate justru mengalami peningkatan sebesar 3,8-22,5% (uk. kecil); 3,8-17,5% (uk. sedang); dan 10-12,5% (uk. besar). Dapat disimpulkan bahwa walaupun durasi partisipan melihat iklan lebih sebentar, rekomendasi desain penempatan iklan yang diberikan mampu meningkatkan recall rate.